Jakarta

Menahan rasa lapar dan haus bukanlah sesuatu yang bisa dikendalikan dengan mudah. Ada beberapa makanan untuk membantu mengatasi rasa haus saat puasa sesuai anjuran dokter.

Menurut Anda apa tantangan terbesar saat berpuasa? Ada yang mengatakan bahwa mereka sedang lapar, ada pula yang mengatakan bahwa menghilangkan rasa haus bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi saat cuaca di luar terlalu panas.

Faktanya, minum banyak air di pagi hari tidak mempengaruhi rasa haus di siang hari. Bahkan, efek samping seperti ingin buang air kecil terus menerus setelah sahur akan dialami.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Beberapa dokter di salah satu rumah sakit di Arab Saudi mengatakan ada beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi rasa haus saat berpuasa. Mengonsumsi secukupnya saat sahur akan memudahkan Anda mengontrol rasa haus sepanjang hari.

Berikut 5 makanan pencegah rasa haus menurut Saudi German Hospital:

Agar kuat saat puasa, praktikkan 5 makanan pencegah rasa haus iniKandungan air yang tinggi pada sayur dan buah dapat membantu mengatasi rasa haus saat berpuasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/cemagraphics

1. Sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah secara alami mempunyai kandungan air yang dominan. Alhasil, jika Anda mengonsumsi makanan ini, tingkat hidrasi tubuh akan tetap terjaga selain hanya mengonsumsi air mineral.

Buah dan sayur dianjurkan dimakan pada malam hari dan subuh. Buah dan sayur juga mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat membantu sel-sel tubuh tetap sehat sepanjang seharian berpuasa.

Tak hanya itu, makanan ini juga memiliki serat padat yang mampu membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin selama bulan puasa juga dapat memaksimalkan pembuangan racun atau racun dari dalam tubuh.

2. yogurt

Manfaat mengonsumsi yogurt untuk membantu kesehatan pencernaan sudah bukan rahasia lagi. Kandungan probiotiknya yang kaya membuat banyak orang mengandalkan makanan ini untuk menjaga kesehatan saluran pencernaannya.

Dokter percaya bahwa mengonsumsi secangkir yogurt (setara dengan 236 gram) dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sehingga di siang hari tubuh tidak mudah haus dan juga kenyang lebih lama.

Yogurt akan semakin nikmat jika dipadukan dengan buah segar yang dipotong kecil-kecil. Selain disantap saat sahur, yogurt juga direkomendasikan sebagai pilihan makan malam yang lebih sehat.

Makanan pelepas dahaga lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *