Jakarta

Minum secangkir kopi memang tidak bisa dipisahkan dari keseharian banyak orang. Agar kopi lebih sehat, Anda bisa meracik kopi dengan beberapa cara, seperti menambahkan bumbu yang berkhasiat.

Kopi merupakan minuman berkafein yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari banyak orang. Mereka biasanya memulai atau mengakhiri hari dengan secangkir kopi.

Bahan-bahannya tentu berbeda-beda, namun jika Anda menginginkan sesuatu yang sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Campuran kopi ini juga membuat nutrisinya lebih lengkap dan rasanya lebih unik.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Misalnya saja menambahkan beberapa bumbu yang diketahui dapat meningkatkan cita rasa kopi. Rempah-rempah tersebut antara lain kayu manis, pala, ekstrak vanila, dan kapulaga.

Setiap jenis bumbu yang membuat kopi memiliki manfaat kesehatan tertentu. Kayu manis misalnya, mampu melawan berbagai jenis peradangan pada tubuh karena kaya akan antioksidan.

Mangkuk kayu dengan kayu manis, pala, kapulaga, lada merah muda dan cengkeh di meja kayu pedesaan.Penambahan kapulaga juga membuat kopi lebih bergizi. Foto: iStock

Lalu kapulaga, aroma dan rasanya bunga yang ringan dan manis juga memiliki sifat anti inflamasi. Kapulaga cocok untuk ditambahkan pada kopi panas atau es kopi dalam bentuk bubuk atau utuh.

Salah satu kandungan nutrisi pada kopi juga bisa ditujukan untuk menurunkan berat badan. Kopi ini rendah kalori dan membantu upaya diet.

Untuk mencampurkannya, hindari menggunakan banyak gula dan krimer. Menambahkan keduanya artinya sama dengan menambahkan nilai kalori pada secangkir kopi.

Sebagai gantinya, gunakan gula rendah kalori atau susu rendah lemak seperti almond sebagai pengganti krimer. Campuran kopinya akan tetap terasa enak.

Lalu tambahkan sedikit madu dan bubuk kayu manis. Kedua bahan ini mengurangi rasa lapar dan meningkatkan jumlah antioksidan dalam kopi.

Bagi yang ingin menambah stamina dengan meminum kopi, bisa menambahkan beberapa bahan. Salah satunya adalah lada. Bumbu yang mengandung capsaicin ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih lancar yang efeknya sangat terasa pada stamina dan energi tubuh.

5 Fakta Campuran Kopi Arab yang Kaya Rempah dan MenyehatkanKopi arab yang dipadukan dengan berbagai bumbu juga menyehatkan. Foto: Istimewa

Cara lainnya adalah dengan meracik kopi arabika atau dikenal dengan kopi gahwa. Kopi arab diolah dengan menggunakan kopi hitam yang dicampur dengan air matang dari berbagai bumbu seperti kapulaga, jahe, serai, cengkeh dan kayu manis.

Perpaduan kopi dengan berbagai bumbu inilah yang menghasilkan kopi yang harum. Selain memiliki sensasi yang unik, kopi ini juga dikenal dengan berbagai manfaat seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan stamina.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *