Jakarta

Timun suri banyak dicari saat bulan Ramadhan. Biasa dijadikan es buah, mengonsumsi timun tidak hanya menyegarkan tapi juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain kurma, suri timun merupakan buah yang identik dengan Ramadhan di Indonesia. Buah berwarna kuning keemasan ini banyak dijual di pedagang kaki lima dan supermarket.

Timun suri terkenal dengan dagingnya yang renyah, segar dan juicy. Oleh karena itu timun suri sering diolah menjadi es dengan tambahan sirup, susu, kemangi, dan cincau.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengonsumsi mentimun tidak hanya nikmat dan menyegarkan tenggorokan, tapi juga bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsinya baik untuk sistem pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, dan aman bagi penderita diabetes.

Berikut beberapa fakta menarik tentang mentimun, mulai dari manfaatnya bagi kesehatan, cara memilihnya, hingga ide resep yang enak:

1. Mentimun termasuk ke dalam labu kuning

Banyak orang mengira suri timun termasuk dalam kelompok timun, padahal sebenarnya suri timun merupakan salah satu jenis labu kuning. Mentimun mempunyai nama latin Cucumis sativus.

Buah ini disebut 'mentimun' karena bentuknya yang panjang dan lonjong seperti mentimun. Namun, ukuran mentimun ratu jauh lebih besar dibandingkan mentimun biasa.

Fakta menarik lainnya dari tumun suri adalah buah ini hanya populer saat bulan Ramadhan. Menurut sejarawan JJ Rizal, hal ini sudah terjadi sejak tahun 1970-an di Jakarta.

Belum ada yang tahu pasti kenapa ratu timun hanya ada di bulan Ramadhan. Namun berdasarkan asumsi masyarakat, hal tersebut dikarenakan permintaan mentimun hanya meningkat pada bulan puasa.

2. Manfaat mentimun yang menyehatkan

Rizki (33), penjual mentimun musiman, melayani pelanggan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (24/3/2023).Foto: Grandyos Zafna

Mengonsumsi mentimun memiliki manfaat yang menyehatkan, terutama untuk sistem pencernaan. Hal ini karena mentimun kaya akan serat.

Kemudian mengonsumsi timun juga aman bagi penderita diabetes karena kandungan karbohidrat pada buah ini tergolong karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat.

Manfaat sehat lainnya dari makan mentimun adalah membuang racun dalam tubuh. Istilahnya detoksifikasi yang dibutuhkan tubuh.

3. Bagaimana cara memilih mentimun

Ada trik memilih mentimun untuk mendapatkan buah yang lembut, kental, manis dan berair. Pertama, pilihlah mentimun yang sudah mencapai usia panen yang tepat alias tua. Hal ini ditandai dengan adanya retakan pada permukaan kulit.

Retakan ini bukan karena remuk atau penyok, melainkan terbentuk secara alami. Maka pilihlah timun yang mempunyai aroma manis dan lembut.

Cara memilih timun ratu lainnya adalah dengan melihat tampilan fisiknya. Pilih ukuran sedang. Jangan tergoda untuk memilih yang terlalu besar karena mentimun paling enak dimakan segera setelah membelinya.

4. Resep es krim ratu mentimun

Resep es krim mentimun untuk menu buka puasa RamadhanFoto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

Jika ingin membuat es krim timun manis segar, caranya mudah. Siapkan irisan timun dan bahan lainnya seperti cincau hitam, daun kemangi, sirup rasa semangka dan susu kental manis.

Dalam gelas, tambahkan irisan mentimun. Tambahkan cincau hitam dan es batu. Lalu tambahkan daun kemangi dan susu kental manis sesuai selera.

Terakhir, tuangkan es krim mentimun dengan sirup semangka. Aduk es hingga rata dan sajikan segera sebelum berbuka puasa.

5. Nutrisi Ratu Timun

Timun suri merupakan buah yang memiliki kombinasi timun dan semangka. Biasanya buah ini berwarna kuning cerah dengan daging buah yang lembut dan berserat.

Mengutip My Fitness Pal (8/4), 269 gram timun mengandung 83 kalori dan 21 gram karbohidrat. Kandungan lain dalam jus mentimun adalah air, protein, kalsium, zat besi, serat, vitamin C, kalium dan fosfor, seperti dikutip dari Hello Sehat.

Artikel ini telah tayang di detikfood dengan judul: Timun Suri: Khasiat Sehat, Cara Memilih dan Resep Buah Spesial Ramadhan Ini

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *