Jakarta

Ada keunikan di balik nama-nama makanan populer di dunia. Pasalnya, beberapa nama makanan sepertinya diambil dari karakter wanita, mulai dari pizza hingga tart.

Makanan yang terkenal saat ini ternyata mempunyai sejarah yang unik. Bukan hanya dari cerita, asal usul bahan yang digunakan, atau resepnya saja, tapi juga namanya yang punya sejarah tersendiri.

Beberapa masakan populer sering kali diberi nama sesuai nama tokoh terkenal pada masanya. Seperti tokoh sejarah Louis de Bechamel yang akhirnya namanya digunakan untuk menyebut saus Bechamel putih. Ada juga chef Caesar Cardini yang menciptakan Caesar salad.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun, tahukah Anda bahwa beberapa hidangan populer ini diberi nama berdasarkan nama wanita inspiratif yang telah memukau dunia dengan kerja keras dan prestasinya?

Melansir slurrp.com (06/03), berikut 5 makanan populer di dunia yang namanya diambil dari karakter wanita!

1. Pizza Margherita

MakananPizza Margherita diambil dari nama ratu Margherita yang menyukai sajian pizza sederhana ini. Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan

Pizza merupakan hidangan khas Italia yang sudah mendunia. Terbuat dari adonan roti berbentuk bulat dan pipih, kemudian diberi saus dan topping, kemudian dipanggang dalam tungku.

Saat ini banyak sekali kreasi pizza dengan jenis topping yang berbeda-beda. Namun, berbicara tentang pizza Anda pasti tidak boleh melewatkan pizza jenis Margherita.

Pizza Margherita biasanya ditaburi saus tomat merah dengan beberapa potong atau irisan keju Mozzarella dan daun kemangi.

Nama pizza ini terinspirasi dari Ratu Margherita dari Italia. Pada tahun 1889, Ratu mengunjungi Napoli dan disuguhi pizza oleh pembuat roti Raffaele Esposito.

Konon Ratu menyukai pizza sederhana ini. Oleh karena itu, pizza ini diberi nama Margherita untuk menghormatinya. Pizza Margherita juga menjadi makanan pokok nasional.

2.Pavlova

MakananPavlova terinspirasi dari gaun barelina dari Rusia. Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan

Makanan penutup ringan berbahan dasar meringue ini sangat populer di Australia dan Selandia Baru. Terbuat dari putih telur dan gula jarak (gula pasir sangat halus). Di atasnya diberi krim kocok dan buah segar, seperti stroberi dan kiwi.

Meski asal muasal pavlova masih diperdebatkan apakah berasal dari Australia atau Selandia Baru, makanan penutup ini diketahui diberi nama sesuai dengan nama balerina ikonik Rusia.

Nama balerinanya adalah Anna Pavlova. Makanan penutup ini juga terinspirasi dari rok tutu atau gaun balerina.

3. Biskuit Marie

MakananBiskuit Marie juga terinspirasi dari nama Grand Duchess of Russia. Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan

Biskuit Marie merupakan salah satu jenis biskuit yang paling populer di dunia. Biskuit ini sering menjadi camilan dan pelengkap minum teh. Terbuat dari tepung terigu dan dipopulerkan sebagai camilan rendah kalori.

Nama biskuit renyah ini diambil dari nama Grand Duchess of Russia, Maria Alexandrovna. Ini pertama kali dibuat oleh toko roti di London bernama Peek Freans. Awalnya untuk disajikan pada pernikahan akbar Duchess dengan Duke of Edinburgh.

Nama makanan lainnya yang diambil dari karakter wanita populer bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Berbuka puasa sambil naik KRL-Transjakarta? Baca Peraturannya!
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *