Jakarta

Netizen Malaysia dan Singapura selalu bertengkar soal makanan. Kali ini mereka berebut asal muasal roti Kaya Toast yang diklaim Malaysia berasal dari negaranya.

Kedekatannya membuat banyak makanan di Malaysia dan Singapura serupa. Salah satunya adalah menu sarapan Kaya Toast, roti dengan selai kental yang telah menjadi ikon menu sarapan Singapura selama puluhan tahun.

Namun Kaya Toast juga populer dan digandrungi di Malaysia, karena budaya kopitiam yang dibawa oleh imigran Tiongkok datang ke kedua negara tersebut. Jadi ketika Kaya Toast dikatakan berasal dari Singapura, netizen Malaysia mengatakan bahwa Singapura mengambil Kaya Toast dari negaranya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Perdebatan sengit mengenai asal usul Kaya Toast semakin memanas di media sosial, setelah situs makanan dan perjalanan global TasteAtlas mengunggah daftar 50 sandwich terlezat di dunia (14/03).

Kaya Toast Singapore Disebut Roti Terbaik Dunia, Netizen Malaysia Geram!Kaya Toast Singapore Disebut Roti Terbaik Dunia, Netizen Malaysia Geram! Foto: Halaman Berita

Kaya Toast menduduki peringkat ke-42 sebagai roti sandwich terbaik asal Singapura. Sedangkan Malaysia tidak ditulis secara langsung. Di peringkat pertama ada Banh Mi dari Vietnam, lalu Tombik Doner dari Turki di peringkat kedua, dan Shawarma dari Lebanon di peringkat ketiga.

Menurut TasteAtlas, sejarah asal usul Kaya Toast dapat ditelusuri dari peredaran chef asal Hainan, China yang bekerja di kapal pesiar Inggris. Kapal-kapal ini kemudian berlabuh di Singapura, dan mereka mulai menjual Kaya Toast di sana.

Sandwich ini cukup sederhana, terdiri dari roti tawar yang dibalut selai kelapa yang kental dan manis. Penggunaan selai kaya ini terinspirasi dari selai Inggris.

Meski TasteAtlas sudah menjelaskan asal muasal Roti Kaya, namun tetap saja netizen Malaysia bersikap sinis dan kritis.

Kaya Toast Singapore Disebut Roti Terbaik Dunia, Netizen Malaysia Geram!Kaya Toast Singapore Disebut Roti Terbaik Dunia, Netizen Malaysia Geram! Foto: Halaman Berita

“Mereka (Singapura) mencuri Taylor Swift, mereka mencuri Nasi Ayam Hainan, mereka mencuri Bak Kut Teh. Sekarang mereka hanya mencuri Kaya Toast dari kami (Malaysia),” kritik seorang pengguna Facebook asal Malaysia bernama Summer Hauz.

“Singapura hobi mencuri segalanya, mulai dari klaim tentang nasi ayam Hainan hingga kini klaim Kaya Toast berasal dari mereka,” tulis akun @MGAG asal Malaysia.

“Apa yang mereka tidak tahu adalah bahwa semua Kaya Toast yang dimakan di Singapura awalnya dikirim ke sana dari Ipoh,” kata pengguna Facebook Samuel Chua.

Selain Kaya Toast, masih banyak makanan yang menjadi sengketa di kedua negara. Seperti asal usul Cabai Ketam, Bak Kut Teh dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 4 Sengketa Pangan Singapura dan Malaysia, Siapa Sebenarnya Pemiliknya?” lengkap

Menonton video “Berbuka puasa sambil naik KRL-Transjakarta? Baca Peraturannya!
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *