Jakarta

Makanan olahan sering disebut makanan tidak sehat. Namun beberapa ahli gizi mengatakan 5 makanan olahan ini baik dikonsumsi karena nutrisinya.

Saat mendengar makanan olahan, yang langsung terlintas di benak Anda adalah makanan yang tidak sehat. Pasalnya, makanan olahan hanya mengutamakan keawetan namun jarang memperhatikan kandungan nutrisinya.

Penambahan seperti bahan pengawet, gula, perasa dan pewarna buatan juga dianggap sebagai ancaman kesehatan yang timbul dari konsumsi makanan olahan. Namun jurnal terbitan The BMJ pada Februari 2024 menyebutkan ada sisi positif dari makanan olahan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Setelah melibatkan 45 jenis penelitian dengan 10 juta partisipan, para peneliti yakin ada pandangan lain terhadap makanan olahan tertentu. Beberapa ahli gizi menyebutkan bahwa beberapa kelompok makanan olahan dapat dikonsumsi sebagai makanan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Nekat Bawa Minuman ke Restoran Bintang 5, Tamu Ini Kaget dengan Pelayanannya

Berikut 5 olahan makanan yang baik untuk tubuh menurut Eat This, Not That:

5 Makanan Olahan Yang Disarankan Ahli Gizi untuk Anda MakanPilihlah roti gandum yang lebih sehat dibandingkan roti lain yang ada di supermarket. Foto: Getty Images/iStockphoto/agrobacter

1. Roti

Meski terlihat menyehatkan, sebenarnya roti tergolong makanan olahan. Ada banyak jenis roti yang dijual bebas di supermarket dan toko roti khas Anda.

Sulit membuat roti sendiri secara alami dan tanpa bahan tambahan di rumah tanpa dukungan peralatan yang mumpuni. Para ahli gizi mengatakan ada cara untuk tetap makan roti dengan trik yang lebih sehat.

Fokuskan pilihan Anda pada roti dengan bahan utama gandum atau biji-bijian. Menurut penelitian para ahli, mengonsumsi gandum dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit serius seperti stroke.

2. Sup kalengan

Stigma seputar makanan kaleng tidak pernah hilang dari pola makan yang tidak sehat. Pasalnya, makanan kaleng identik dengan bahan pengawet dan larutan garam tinggi agar makanan di dalamnya bisa bertahan lebih lama.

Ternyata tidak demikian halnya dengan sup kalengan. Sup sebenarnya merupakan makanan kaleng yang dianggap lebih aman dibandingkan makanan kaleng lainnya.

Cara mendapatkan sup yang bergizi adalah dengan memeriksa kandungan garam pada label bahan yang tertera pada kemasan. Pastikan juga untuk tidak terlalu sering membeli sup kalengan dari supermarket.

Makanan olahan lainnya yang direkomendasikan ahli gizi ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *