Jakarta

Bawang putih merupakan makanan super karena nutrisinya. Sangat baik untuk makan secara teratur untuk mengendalikan diabetes dan kolesterol tinggi. Ini adalah cara yang benar untuk memakannya.

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu masakan agar rasanya enak dan wangi. Selain untuk masakan, bawang putih juga banyak digunakan sebagai obat herbal.

Dilansir dari Health Shots (17/10), bawang putih bermanfaat bagi penderita diabetes dan kolesterol tinggi. Bahan makanan dengan rasa sedikit pedas dan aroma yang kuat ini mampu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah jika dimakan secara rutin.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 5 cara mengonsumsi bawang putih untuk mengontrol diabetes dan kolesterol:

1. Bawang Putih Mentah

Manfaat bawang putih juga bisa dirasakan dengan memakannya mentah-mentah. Apalagi saat perut kosong, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

“Allicin merupakan senyawa yang terdapat pada bawang putih mentah yang dikenal dengan khasiatnya dalam menurunkan kolesterol dan mengencerkan darah,” jelas Dr. Prasad selaku ahli medis India.

Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih mentah dengan segelas air merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengelola diabetes. Jika khawatir dengan aromanya, Anda bisa mengonsumsi lemon, cuka sari apel, atau air hangat.

2. Teh Bawang Putih

cara mengonsumsi bawang putih dengan cara yang sehatcara makan bawang putih yang sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Bawang putih juga bisa dibuat menjadi teh sehat. Teh bawang putih ini memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan memakannya mentah.

Anda bisa membuatnya dari 1 siung bawang putih yang dihaluskan, lalu direbus dalam segelas air selama beberapa menit. Lalu, tambahkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis.

Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh madu dan 1/2 sendok teh jus lemon. Minum teh bawang putih ini di pagi hari akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *