Jakarta

Jay Fai, kedai jajanan kaki lima di Bangkok yang memenangkan Michelin Guide. Baru-baru ini sang pemilik menyambut tamu istimewa yang makan di sana, Lisa BLACKPINK. Berikut beberapa fakta menarik tentang Jay Fai.

Bangkok merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang sudah memiliki Michelin Guide. Secara resmi, Michelin Guide memberikan predikat Bib Gourmand atau bintang pada tempat makan yang dinilai layak dimasukkan dalam dining guide bergengsi asal Prancis ini.

Salah satu restoran yang selalu masuk daftar ini adalah Jay Fai. Pertama kali warung pinggir jalan di kawasan Pratu Phee, Bangkok ini masuk dalam daftar Michelin Guide adalah pada tahun 2018.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hingga saat ini popularitasnya tidak menurun dan menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Diketahui Lisa, salah satu member girl grup BLACKPINK, makan di sana bersama ibunya.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Jay Fai, kedai jajanan pinggir jalan yang mendapat penghargaan bintang Michelin Guide:

1. Dikunjungi oleh Lisa BLACKPINK

5 Fakta Jay Fai, Stand Michelin yang Dikunjungi Lisa BLACKPINKFoto: Instagram jayfaibangkok

The Nation (17/12/2023) memberitakan bahwa Lisa BLACKPINK mengunjungi Jay Fai bersama ibunya, tim, perwakilan Nongshim, dan anak-anak pejabat Samsung. Mereka terlihat makan bersama dalam suasana mesra di warung Jay Fai.

Jay Fai terlihat live menyambut kedatangan Lisa BLACKPINK. Mereka berdua terlibat perbincangan ramah. Jay Fai kemudian memberikan kado spesial berupa koper yang kemudian diterima oleh Lisa BLACKPINK.

Soal menunya, Lisa BLACKPINK dikabarkan menikmati omelet kepiting terkenal milik Jay Fai. Tak lupa aneka hidangan seafood segar yang diolah 'dadakan' oleh Jay Fai.

2. Berlangganan Panduan Michelin

5 Fakta Jay Fai, Stand Michelin yang Dikunjungi Lisa BLACKPINKFoto: Instagram jayfaibangkok

Tahun 2018 merupakan tahun pertama Jay Fai masuk dalam daftar Michelin Guide Bangkok. Hingga tahun 2023, Jay Fai masih akan mempertahankan bintang 1 yang diraihnya.

Mengutip Timeout Thailand (13/12/2023), Michelin Guide Thailand 2024 terbaru telah diumumkan. Michelin memberikan 42 bintang kepada 35 restoran di Thailand. Salah satunya adalah Jay Fai yang masih mendapat 1 bintang.

Dalam daftar ini, Jay Fai duduk bersama restoran lain, termasuk nama-nama baru. Restoran-restoran tersebut antara lain Inddee, Samrub Samrub Thai, Resonance, Nawa, Mia dan Wana Yook.

3. Supinya Junsuta merupakan sosok di balik Jay Fai

5 Fakta Jay Fai, Stand Michelin yang Dikunjungi Lisa BLACKPINKFoto: Instagram jayfaibangkok

Berbicara tentang Jay Fai tidak bisa lepas dari sosok wanita berusia 78 tahun yang menjadi ikon warung pinggir jalan ini. Mengutip Bangkok Post, Jay Fai merujuk pada sosok Supinya Junsuta, pendiri warung makan yang memiliki tampilan ikonik ini.

Dia memakai kacamata ski saat memasak. Proses memasaknya di wajan dengan api besar menggunakan arang. Supinya Junsuta mengaku menggunakan kacamata ski bukan untuk 'fashion', melainkan matanya yang sakit perlu pelindung saat memasak.

Jay Fai telah berkecimpung dalam bisnis kuliner selama lebih dari 40 tahun. Dia belajar memasak secara otodidak. Berawal dari menemani ibu dan adiknya berjualan bubur nasi dan mie ayam.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *