Jakarta

Penderita asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) harus menjaga pola makan untuk mencegah peningkatan asam lambung. Sebab ada beberapa makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik.

Artikel kali ini akan membahas 10 lauk pauk untuk penderita asam lambung mulai dari pagi hari saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

Tabel Makanan dan Lauk Pauk Bagi Penderita Asam Lambung

Berikut 10 lauk pauk bagi penderita asam lambung, lengkap dengan jadwal makannya, seperti dikutip dari website Oesophageal and Gastric Cancer Support:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Telur Rebus

Lauk pauk penderita asam lambung yang cocok dijadikan sarapan adalah telur rebus. Selain baik untuk asam lambung, makanan ini juga baik untuk program diet.

Telur rebus mungkin kurang mengenyangkan, namun cukup memberi nutrisi di pagi hari. Sebagai pelengkap, Anda bisa mengonsumsi yogurt rendah lemak dan apel yang akan membuat Anda merasa kenyang tanpa takut asam lambung akan keluar dan membuat Anda gemuk.

2. Oatmeal biasa

Pilihan lainnya adalah oatmeal polos dengan air atau susu tanpa pemanis bebas lemak. Tambahkan irisan pisang dan beri untuk menambah rasa.

3. salad ikan tuna

Salad tuna bisa menjadi lauk lezat di siang hari. Salad ini bisa dicampur dengan ½ cangkir yogurt tanpa lemak, sedikit mustard, dan seledri cincang halus. Atau bisa juga ditambahkan bayam, kangkung dan tauge.

4. Turki

Kalkun bisa menjadi santapan lezat di siang hari tanpa takut asam lambung naik. Saat memasaknya, jangan lupa menggunakan bahan yang tidak berlemak. Untuk menambah rasa, tambahkan saus cranberry.

5. ubi

Ubi jalar mengandung karbohidrat yang rasanya enak tanpa perlu pemanis. Masak ubi dengan cara dikukus, direbus, atau menggunakan microwave untuk menghindari minyak. Tambahkan beberapa irisan wortel untuk porsi sayuran.

6. Sup sayur

Selain salad, Anda bisa mengonsumsi sup sayuran yang tidak memicu asam lambung, seperti paprika, tomat, wortel, mentimun, buah jeruk, bawang bombay, saus berlemak, cuka, atau saus berbahan dasar jeruk.

Cobalah sayuran seperti kangkung, bayam, selada, kacang-kacangan, brokoli, wortel. Gunakan daging tanpa lemak, seperti dada ayam, kalkun, ikan tanpa lemak, atau udang.

7. Tumis Jamur dan Dada Ayam

Untuk menu makan malamnya, Anda bisa menyantap tumis jamur dan dada ayam sebagai lauknya. Sebagai karbohidrat, gunakan nasi, campur dengan wortel. Porsi makan malam tidak perlu besar dan tidak perlu banyak bumbu, serta hindari minyak.

8. Ayam Panggang dan Asparagus

Pilihan lainnya, Anda bisa menyantap ayam bakar dan asparagus panggang. Tambahkan beberapa kentang atau ubi jalar untuk karbohidrat. Jangan lupa kupas kulit ayamnya dan ambil bagian dadanya. Pastikan Anda menambahkan sayuran.

9. Mie Zucchini dan Udang

Daripada pasta biasa, pilihlah pasta sayur atau mie zucchini. Bumbui dengan sedikit minyak rendah lemak, kemangi dan rempah-rempah. Anda bisa menambahkan sekitar 3 ons udang rebus atau panggang.

10. Steak Tanpa Lemak dan Bayam

Terakhir, Anda bisa makan steak tanpa lemak. Pastikan untuk memilih sirloin daging sapi tanpa lemak (98% tanpa lemak) atau steak sirloin. Selama proses memasak, jangan menambahkan mentega atau minyak. Saat disajikan, tambahkan bayam mentah atau nasi merah untuk karbohidrat.

Itulah 10 lauk pauk bagi penderita asam lambung, mulai pagi, siang hingga malam. Semoga bermanfaat.

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *