Jakarta

Bagi pecinta durian, merogoh kocek untuk menikmati buah favoritnya bukanlah hal yang sulit. Namun apakah Anda akan merogoh kocek Rp 612 juta untuk membeli durian?

Harga mahal RM 185.000 atau sekitar Rp 612 juta sebenarnya dibayar pembeli untuk mendapatkan 1 buah durian di Raub, Malaysia. mengutip Dunia Buzz (18/12/2023), penjualan durian dilakukan melalui sistem lelang.

Dari unggahan Facebook Fadzli Mohamad Kamal diketahui durian Musang King dilelang bersama durian jenis lainnya di SMK Sg Ruan. Fadzli sendiri merupakan bagian dari Exco Komunikasi dan Multimedia, Pemuda, Olah Raga dan Non-Pemerintah Pahang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Awalnya durian ditawarkan di lelang dengan harga RM 2.000 atau sekitar Rp 6,6 juta. Kemudian penawaran dilanjutkan hingga mencapai nilai nominal yang besar.

Pemenang lelang adalah Mr Huang Qi Wen yang menawar RM 185.000 atau sekitar Rp 612 juta untuk 1 buah durian. Kemudian Fadzli mengungkapkan, tawaran tertinggi durian Black Thorn mencapai RM 15.000 atau sekitar Rp 49,6 juta.

Gila!  Durian Musang King Termahal di Dunia Dijual dengan Harga Rp 612 JutaTuan Huang Qi Wen memenangkan lelang dengan total Rp 612 juta untuk 1 buah durian. Foto: Facebook Fadzli Kamal

Ternyata lelang durian ini bukan sekadar ajang perebutan harga tinggi, namun memiliki tujuan murni. Semua hasil yang diperoleh dimaksudkan untuk memodifikasi infrastruktur sekolah SMK Sg Ruan.

Dalam lelang tersebut, donatur Dato' Lye We Ken mendonasikan RM 204.444 sehingga total yang terkumpul adalah RM 404.444 atau sekitar Rp 1,3 miliar!

Durian Musang King sendiri merupakan salah satu jenis durian unggulan asal Malaysia. Durian Musang King mulai dikenal luas pada tahun 1990.

Di negara asalnya, durian ini diberi kode D-197 yang merujuk pada rekor varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Konon awalnya pohon durian Musang King berada di kawasan Tanah Merah, Kelantan

Daging buah durian berwarna kuning cerah, teksturnya kental dan lembut, serta rasanya manis agak pahit. Keunggulan lainnya adalah durian ini memiliki biji yang kecil dan hampir kempes.

Gila!  Durian Musang King Termahal di Dunia Dijual dengan Harga Rp 612 JutaHasil lelang durian besar-besaran ini digunakan untuk merenovasi gedung sekolah. Foto: Facebook Fadzli Kamal

Durian Musang King juga banyak dijual di Indonesia dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Saat membelinya, pastikan Anda berhati-hati agar tidak tertipu.

Dilihat dari ciri fisiknya, bentuk durian Musang King lebih mirip lonjong dibandingkan bulat sempurna seperti bola. Untuk durinya lebih tumpul dan jumlahnya lebih jarang/sedikit.

Cara terbaik mengenali durian ini adalah dengan mencicipinya. Rasanya cenderung manis dan sedikit pahit. Biji durian Musang King juga harus mudah dihirup, bersih, dan tidak terlalu lengket.

Sebelum Musang King dijual dengan harga lelang Rp 612 juta, ada juga durian yang dijual dengan harga mahal.

Baca halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *