Jakarta

Ginjal berfungsi menyaring racun dari darah. Agar ginjal dapat berfungsi maksimal, Anda perlu merawatnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan berbahaya.

Ginjal merupakan organ penting yang memiliki banyak fungsi. Ginjal menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat, yang memungkinkan jantung berdetak dan saraf mengirimkan sinyal. Ginjal juga memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah baru dan kesehatan tulang.

Di antara sekian banyak tugas yang dilakukan organ ini, salah satu fungsi penting ginjal adalah menyaring senyawa beracun dari darah. Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, racun tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mengancam nyawa. Oleh karena itu, kesehatan ginjal harus benar-benar dijaga.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cara menjaga kesehatan ginjal yang paling mudah adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, dan menghindari makanan berbahaya.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, berikut lima makanan yang sebaiknya Anda konsumsi dan hindari, seperti dirangkum dari eatwell.com (11/12).

1. Bayam hingga kangkung

Tumis bayam dengan telur puyuhSayuran berdaun hijau tua seperti kangkung dan sawi merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Sayuran berdaun hijau tua merupakan sumber antioksidan, vitamin C, E, dan K, mineral kalsium, magnesium, potasium, dan zat besi. Semua kandungan tersebut sangat baik dalam mencegah masalah ginjal.

Catalina Ruz, ahli gizi dari Philadelphia, mengungkapkan bahwa sayuran jenis ini mampu melawan peradangan dan melindungi dari kerusakan oksidatif yang terjadi ketika ginjal bekerja terlalu keras.

Jenis sayuran berdaun hijau yang bisa dimakan antara lain kangkung, bayam, sawi, dan sawi.

2. Tahu

Resep Sup Tahu, Wakame dan JamurTahu seperti tahu juga enak dikonsumsi karena dapat menyeimbangkan pH tubuh. Foto: iStockfoto

Tahu memang bukan merupakan sayur atau buah, namun makanan berbahan dasar kedelai ini merupakan protein nabati yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal.

Protein bisa didapat dari daging hewani seperti daging sapi. Namun, protein hewani memiliki kandungan asam yang lebih tinggi sehingga dapat mempengaruhi fungsi ginjal.

Ruz mengungkapkan, ginjal menyeimbangkan pH tubuh dan menghilangkan asam. Makanan yang mendukung proses ini, seperti tahu, dapat mendukung kesehatan ginjal.

3. Bawang putih

Manfaat Bawang Putih untuk JerawatBawang putih juga bisa dimakan karena mampu melawan kerusakan oksidatif akibat penyakit ginjal. Foto: Getty Images/gerenme

Bawang putih merupakan salah satu jenis allium yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ruz mengungkapkan bahwa bawang putih bekerja sebagai agen anti inflamasi yang kuat. Ini juga telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, yang keduanya bermanfaat untuk fungsi ginjal.

Ruz menambahkan bawang putih dapat melawan kerusakan oksidatif akibat penyakit ginjal, sehingga mendukung pencegahan kerusakan ginjal lebih lanjut.

Makanan yang berdampak buruk bagi ginjal bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *