Jakarta

Dengan rutin meminum bubble tea atau boba setiap hari, wanita asal Taiwan ini harus menjalani operasi. Bahkan, ada ratusan batu koral yang bertumpuk di tubuhnya.

Batu ginjal adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal, biasanya disebabkan oleh tingginya kadar bahan kimia pembentuk kristal dalam urin. Bahan ini mempunyai sifat yang sulit dihancurkan sehingga dapat membentuk kristal yang akhirnya disebut batu karang.

Salah satu penyebab penyakit batu ginjal adalah pola makan yang tidak sehat. Seperti terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam, makanan cepat saji, makanan kaleng, produk susu, dan minuman tinggi gula.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Situasi ini menimpa seorang remaja putri berusia 20 tahun asal Taiwan. Dilansir The Strait Times (19/12), wanita bernama Xiao Yo ini mengeluhkan nyeri di punggung dan pinggulnya. Karena tak kunjung sembuh, ia akhirnya dilarikan ke Chi Mei Medical Center di kota Tainan.

Frekuensi minum bubble tea, wanita ini memiliki 300 batu karang di tubuhnyaSering Minum Bubble Tea, Wanita Ini Punya 300 Karang di Tubuhnya Foto: iStock Ilustrasi

Melalui USG, dokter menemukan ginjal kanan Xiao bengkak berisi cairan dan terdapat banyak batu empedu di sana. Ukuran batunya berkisar antara 5 mm hingga 2 cm, dan tes darahnya menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Dokter segera memberikan antibiotik kepada Xiao, kemudian mengeluarkan cairan dari ginjalnya dan melakukan operasi untuk menghilangkan 300 batu empedu yang bersarang di tubuhnya. Menurut dokter, batu ginjal ini bentuknya seperti roti kukus berukuran kecil.

Untungnya kondisi Xiao segera stabil setelah operasi, ia diperbolehkan pulang setelah beberapa hari observasi oleh dokter disana.

Frekuensi minum bubble tea, wanita ini memiliki 300 batu karang di tubuhnyaSering Minum Bubble Tea, Wanita Ini Punya 300 Karang di Tubuhnya Foto: iStock Ilustrasi

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata terdapat ratusan batu ginjal di tubuh Xiao yang tak lepas dari pola makannya yang berantakan. Xiao dikabarkan tidak suka minum air putih dan kebanyakan meminum bubble tea atau boba tea setiap hari.

Padahal, menurut Dokter Lim Chye, ahli urologi yang merawat Xiao, pasien yang menderita batu ginjal biasanya berusia 50-60 tahun. Setidaknya ada 9,6%.

Selain pola makan atau minum yang tidak sehat, ada beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap terbentuknya batu ginjal. Seperti faktor genetik, penyakit kronis dan pola makan yang terlalu tinggi kalsium dan protein.

Menonton video “Mie Mantap Hotplate Taiwan enak di Bogor
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *