Jakarta

Toko roti ini menolak menuliskan 'Selamat Natal' pada kue yang dipesan pelanggan. Namun, ternyata hal itu hanya salah paham. Berikut penjelasannya!

Sebuah toko roti di Malaysia mendapat kritik tajam karena tidak menoleransi perbedaan agama. Pasalnya toko roti ini memiliki aturan yang dianggap diskriminatif.

Sebuah toko roti bernama Berry's tidak menerima permintaan dari pembeli atau pelanggan yang ingin menuliskan 'Selamat Natal' di permukaan kuenya, seperti dikutip dari Weird Kaya (18/12/23).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Aturan ini viral karena catatan internal toko kue tersebut bocor pada 14 Desember 2023. Dalam catatan tersebut jelas disebutkan bahwa ucapan selamat Natal dilarang keras.

Baker menolak menulis ucapan 'Selamat Natal'Bakeri menolak menulis ucapan 'Selamat Natal' Foto: WeirdKaya

Sebaliknya, toko roti tersebut akan bersedia menggunakan kartu ucapan Muslim untuk kuenya. Aturan ini langsung menuai kritik tajam di media sosial.

Banyak yang menuduh toko roti tersebut melakukan praktik diskriminatif. Namun JAKIM, otoritas yang membawahi Sertifikasi Halal Malaysia (SPHM) mengklarifikasi hal tersebut.

Menurut JAKIM, tidak ada batasan bagi pemegang sertifikasi halal untuk menulis pesan hari raya di hari Natal. Tampaknya toko roti Berry selama ini salah memahami aturan ini.

Mereka beranggapan, ketika sudah mendapat sertifikasi halal, mereka tidak boleh menuliskan ucapan selamat Natal di kuenya. Toko roti segera meminta maaf.

Baker menolak menulis ucapan 'Selamat Natal'Bakeri menolak menulis ucapan 'Selamat Natal' Foto: WeirdKaya

Mereka mengaku salah mengartikan syarat sertifikasi halal. “Setelah ada penjelasan Menteri Agama, tidak ada larangan bagi pemegang sertifikat halal untuk menuliskan ucapan Selamat Idul Fitri di kuenya,” ujarnya.

Selain itu, mereka meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada semua pelanggan yang berharga. Kini mereka menerima semua permintaan ucapan selamat pada kue tersebut.

Hal itu terbukti ketika seorang reporter mencoba memesan kue di sebuah toko roti dan meminta tulisan 'Selamat Natal' di kuenya.

Server segera menerima permintaan tersebut. Pelayan juga menawarkan lilin gratis.

Menonton video “Sempurna untuk Natal! Resep Mudah Membuat Kue Jempol Marmalade
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *