Jakarta

Di toko roti ini terjadi kesalahpahaman, mereka diduga menolak menulis ucapan Selamat Natal. Ada juga berita kenapa orang Asia lebih suka makan dengan sumpit sampai wanita punya 300 batu empedu.

Sebuah toko roti awalnya dianggap enggan menulis ucapan 'Selamat Natal'. Hal ini pula yang membuat pihak toko roti dianggap tidak toleran terhadap perbedaan agama. Namun hal itu dilakukan karena pihak toko roti tersebut salah memahami aturan setelah diberikan sertifikasi halal.

Sumpit merupakan alat makan yang populer di Asia. Banyak orang Asia, terutama Tiongkok, Jepang, dan Korea lebih suka menggunakan sumpit daripada garpu karena alasan ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bubble tea adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Teh susu manis ini sering ditambah dengan foam atau boba. Namun, meminum bubble tea terlalu banyak bisa sangat berbahaya. Misalnya, wanita ini terlalu sering meminum bubble tea hingga ditemukan 300 batu ginjal di tubuhnya.

Berikut berita detikFood terpopuler yang menarik perhatian pembaca kemarin (20/12):

1. Kesalahpahaman: Toko roti menolak mengucapkan 'Selamat Natal'

Baker menolak menulis ucapan 'Selamat Natal'Toko roti ini salah dan menolak menulis ucapan 'Selamat Natal'. Foto: WeirdKaya

Menjelang Natal, banyak orang yang mencari kado atau parsel makanan untuk diberikan kepada orang tersayang. Bentuk hampers makanan bermacam-macam, salah satunya bisa berupa kue atau roti.

Saat membeli hamper, pelanggan biasanya membuat permintaan khusus agar kuenya diberi tulisan 'Selamat Natal'.

Namun pihak toko roti ini diduga menolak menuliskan pernyataan tersebut. Aturan ini juga diketahui dari bocoran catatan internal toko kue. Pendirian toko roti ini mendapat banyak kritik dan dianggap tidak toleran terhadap perbedaan agama.

Namun Berry's Bakery sepertinya salah memahami aturan yang diberikan JAKIM (otoritas yang membawahi sertifikasi halal Malaysia). Mereka beranggapan setelah mendapatkan sertifikasi halal mereka tidak boleh lagi mengucapkan selamat natal. Toko roti juga meminta maaf.

Baca Juga: Salah paham! Toko Roti Menolak Menulis 'Selamat Natal' di Kue

2. Karena orang Asia lebih suka menggunakan sumpit dibandingkan garpu

Karena orang Asia lebih suka makan dengan sumpitAda alasan mengapa orang Asia lebih suka makan dengan sumpit dibandingkan garpu. Foto: Getty Images/iStockphoto

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang banyak disukai oleh masyarakat Asia. Mereka bisa menikmati makanan apa pun dengan menggunakan sumpit, dan lebih memilih menggunakan alat makan ini dibandingkan garpu.

Di Indonesia sendiri, sumpit biasanya digunakan untuk menikmati makanan, misalnya mie.

Tradisi makan ini awalnya dimulai dengan ditemukannya sumpit pada tahun 1200 SM di Provinsi Henan, Tiongkok. Pada awalnya alat makan ini hanya berupa ranting yang digunakan untuk mengumpulkan potongan-potongan saat memasak.

Orang Tionghoa juga dikenal sangat menganut keharmonisan dengan alam. Jadi, mereka membentuk perlengkapan sesuai dengan sifatnya.

Tren kuliner yang berkembang juga menjadikan sumpit sebagai alat yang populer. Pada abad ke-5, sumpit sudah menjadi hal yang lumrah digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Mengapa orang Asia lebih memilih sumpit dibandingkan garpu? Ini sebabnya

Berita terpopuler detikFood lainnya bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Sempurna untuk Natal! Resep Mudah Membuat Kue Jempol Marmalade
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *