Jakarta

Tak hanya jeruk saja yang berwarna kuning, ada juga jeruk unik yang lagi viral. Dinamakan jeruk kimkit atau jeruk purut, ternyata inilah fakta buah unik tersebut.

Sebagai negara tropis dengan tanah yang subur, banyak sekali buah-buahan unik yang bisa ditemukan di Indonesia. Jeruk, apel, dan buah-buahan eksotik menjadi daya tarik utama panen di Indonesia.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis jeruk. Menurut data Kementerian Pertanian Indonesia, jeruk manis, jeruk keprok, jeruk siam, jeruk besar atau pamelo, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk nipis, bahkan kimkit atau kingkit yang sedang viral bisa kita jumpai.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berbeda dengan jeruk pada umumnya, jeruk kimkit memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang penasaran. Jeruk ini viral di media sosial setelah beberapa konten kreator mencicipinya dan membuat banyak netizen bertanya-tanya.

Baca Juga: Orang Italia Salah Mencampur Carbonara Selama 70 Tahun, Ini Kata Sejarawan

Berikut 5 fakta acar kimkit dari berbagai sumber:

5 Fakta Viral Tentang Jeruk Nipis dan Kulitnya yang Dapat DimakanJeruk kimkit mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap negara dan daerah. Foto: Istimewa

1. Identitas jeruk kimkit

Perpustakaan Digital CABI menyebutkan jeruk kimkit memiliki nama latin Triphasia Trifolia atau dikenal juga dengan nama limeberry. Menurut catatan peneliti, buah ini tersebar pada 2100 spesies yang tumbuh melimpah di negara tropis dan subtropis.

Indonesia-Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini merupakan tiga negara yang disebut-sebut merupakan lahan subur untuk budidaya jeruk nipis kimkit. Jeruk kimkit membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk perkembangan pohonnya hingga menghasilkan buah.

Sebelum viral dan terkenal, jeruk kimkit tumbuh subur berkat bantuan hewan di alam liar. Biji jeruk kimkit yang dimakan hewan dan tersebar di hutan dapat hidup dan tumbuh dengan baik tanpa perawatan khusus.

2. Kulitnya bisa dimakan

Namun keunikannya membuat banyak orang ingin tahu tentang asinan kimkit. Ukurannya memang tidak sebesar jeruk manis lainnya yang biasa dijual di pasaran.

Ukuran jeruk kimkit bisa diibaratkan sebesar jeruk nipis yang kecil. Uniknya, untuk memakan buah ini Anda tidak perlu mengupas kulitnya.

Jeruk kimkit atau kimkit bisa dimakan langsung dan dikunyah langsung dengan kulitnya. Tekstur kulitnya yang tipis dan renyah tidak memberikan rasa pahit atau mengubah kesegaran buah.

Fakta kimkit orange lainnya ada di halaman selanjutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *