Jakarta

Banyak restoran dari luar negeri yang akhirnya harus tutup di Indonesia karena berbagai alasan. Pastinya kepergian restoran ini membuat banyak penggemarnya bersedih.

Tren dunia kuliner datang silih berganti. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran dari luar negeri yang membuka cabang atau cabangnya, namun sayangnya hal tersebut tidak bertahan lama.

Banyak restoran jaringan luar negeri yang akhirnya memutuskan menutup seluruh cabangnya di Indonesia karena berbagai alasan. Mulai dari dampak pandemi COVID-19, perubahan kepemilikan, hingga toko makanan yang terus merugi karena diam.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima restoran yang pernah ada di Indonesia, namun kini tutup:

1. Ikan dan Co

5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia Foto: Berita Laman

Ikan n Co. merupakan restoran seafood yang berasal dari Singapura. Berdirinya restoran ini dimulai ketika dua orang pria melakukan perjalanan ke Afrika. Mereka adalah Tuan. Lambert Yeo dan Tn. Ricky Kunyah. Kesuksesan Fish n Co. di Singapura membuka cabang di Indonesia dan digemari banyak orang.

Namun setelah 19 tahun beroperasi di Indonesia, restoran Fish n Co. tutup permanen pada akhir tahun 2022. Kabar ini muncul melalui unggahan di Insta Story, Fish n Co. Indonesia mengumumkan cabang mereka dengan GF Culinary akan berhenti beroperasi mulai 31 Desember 2022.

“Terima kasih banyak kepada pelanggan setia kami yang telah mendukung dan mempercayai kami. GF Culinary akan terus memberikan pengalaman bersantapnya,” tulis perwakilan GF Culinary.

Tentu saja hal ini membuat banyak penggemar setia Fish n Co. di Indonesia miris banget, sebelum tutup hampir semua gerai Fish n Co di Indonesia dipenuhi pengunjung yang ingin bersantap disana untuk terakhir kalinya.

2. Lotere

5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia Foto: Berita Laman

Lotteria merupakan jaringan restoran cepat saji yang menawarkan beragam makanan khas Korea. Menu regulernya antara lain ayam goreng Korea, tteokbokki, dan aneka burger dengan varian yang cukup unik.

Namun sayangnya Lotteria menutup seluruh cabangnya yang tersebar di 32 titik di Indonesia pada pertengahan tahun 2020, mulai dari Jabodetabek, Cikarang, Karawang, hingga Bandung. Melalui pengumuman resmi manajemen Lotteria di media sosial, mereka mengumumkan perpisahan dan mengucapkan terima kasih.

Netizen yang menyukai menu Lotteria pun langsung membanjiri kolom komentar di media sosial resmi restoran tersebut. Banyak dari mereka yang bersedih karena tidak bisa lagi menikmati makanan favoritnya, seperti ayam goreng Korea (yangnyeom), ayam ganjeong, dan burger udang.

3. Ayam Goreng Texas

5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia5 Restoran Populer Ini Tutup di Indonesia Foto: Berita Laman

Pada pertengahan tahun 2023, beredar kabar tentang restoran cepat saji Texas Chicken yang dikelola oleh PT. Cipta Selera Murni TBK akan menutup seluruh cabangnya di Indonesia.

Kabar ini datang dari PT Cipta Selera Murni TBK (CSMI) selaku pemegang franchise restoran Texas Chicken. Alasan utama Texas Chicken ditutup karena perusahaannya terus merugi.

Penutupan cabang Texas Chicken sendiri dimulai pada Februari 2023, setelah PT Cipta Selera Murni TBK tidak lagi menjalin kerja sama dengan Cajun Global LLC selaku pemilik merek asli Texas Chicken.

Untungnya masih ada beberapa cabang Texas Chicken yang masih beroperasi dibawah naungan PT. Pelayanan Cepat Indonesia. Meski begitu, jumlah kedai Texas Chicken saat ini sudah tidak sebanyak dulu di Indonesia.

Menonton video “Petualangan menelusuri keindahan alam Flores
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *