Jakarta

Usai menyeduh kopi, beberapa orang langsung menghabiskannya. Namun tak sedikit pula orang yang meminum kopi sedikit demi sedikit agar minumannya bisa bertahan hingga beberapa jam.

Bahkan ada juga yang sengaja menyeduh kopi dalam jumlah banyak agar bisa diminum dalam satu hari.

Selain itu, kopi merupakan produk minuman yang mudah rusak. Terkadang kualitas dan rasanya juga bisa berubah jika tidak dimakan dalam jangka waktu tertentu. Lantas, berapa lama kopi bisa bertahan setelah diseduh?

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berapa lama kopi berkualitas bisa bertahan setelah diseduh?

Setelah kopi diseduh secara manual atau menggunakan mesin khusus, kualitas rasa kopi biasanya akan bertahan sekitar 30 menit, seperti dilansir laman The Coffee Chronicler. Saat itulah kopi terasa paling nikmat dan nikmat.

Karena mudah menguap, aroma kopi juga akan semakin kuat saat masih panas. Dan ini biasanya terjadi sekitar 15-30 menit setelah diseduh.

Namun bagi pecinta kopi, minuman ini lebih dari sekedar aromatik. Kalau dingin, rasa kopinya bisa berubah. Kopi berkualitas tinggi dapat menunjukkan keasaman dan manisnya saat ini.

Meski begitu, masyarakat tetap bisa menikmati cita rasa kopi berkualitas dalam waktu 60-90 menit. Namun jika dibiarkan lebih lama, aromanya akan hilang dan rasanya pun berbeda sehingga kopi hanya terasa pahit.

Apakah ada cara agar rasa kopi bisa bertahan lebih lama?

Seperti yang dijelaskan, kopi terasa paling enak dalam waktu 30 menit setelah diseduh. Namun, rasa kopi bisa bertahan lebih lama dengan cara tertentu.

Caranya bukan dengan memanaskannya kembali, melainkan menyimpannya dalam termos. Dengan cara ini, cita rasa minuman kopi tidak terjaga sepenuhnya. Namun, daya tahan rasanya bisa cukup protektif selama beberapa jam.

Bisakah kopi yang baru diseduh disimpan di tempat lain?

Jika seseorang tidak keberatan dengan rasa kopi terbaiknya, minuman tersebut masih dapat diminum setelah beberapa jam. Jika kopi yang diseduh dibiarkan dalam keadaan bersih selama 24 jam, maka tidak ada masalah.

Minuman kopi yang diseduh juga dapat disimpan selama 10 hari pada suhu ruangan. Dan bisa bertahan hingga 15 hari jika disimpan di lemari es.

Namun, menyimpan kopi di lingkungan yang kotor dapat meningkatkan risiko kontaminasi mikroba sehingga tidak aman untuk diminum.

Sebaliknya, menyeduh kopi dengan tambahan susu akan berbeda. Di sini susu akan mempengaruhi apakah kopi masih aman diminum atau tidak meski disimpan beberapa jam.

Perlu diketahui, susu murni hanya dapat bertahan selama satu jam pada suhu ruangan hangat. Dan bisa bertahan selama dua jam jika suhu ruangan lebih dingin. Jadi, kopi campur susu bisa bertahan saat itu ya.

Bagaimana dengan Kopi Cold Brew, Berapa Lama Bisa Disimpan?

Cold brew adalah metode menyeduh kopi dengan menggunakan air dingin atau air bersuhu ruangan. Minuman kopi yang diolah dengan cara ini disarankan untuk dikonsumsi pada hari yang sama, artinya sebaiknya dikonsumsi pada hari pembuatannya.

Hal ini dikarenakan kopi yang diseduh dengan metode cold brew memiliki risiko keamanan yang lebih tinggi karena kurangnya proses pemanasan, waktu ekstraksi dan penyimpanan yang lama.

Panas biasanya berfungsi sebagai bahan sterilisasi. Tanpa melalui proses tersebut, mikroba yang terdapat pada peralatan dan wadah kopi tidak akan terbunuh. Waktu ekstraksi dan penyimpanan yang lama dapat meningkatkan pertumbuhan mikroba dan merusak kopi.

Oleh karena itu, tidak disarankan menyimpan kopi cold brew dalam waktu lama karena berpotensi terkontaminasi mikroba. Penggunaan langsung pada hari yang sama pembuatannya dianjurkan.

Itulah penjelasan tentang menyimpan kopi setelah diseduh.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *