Jakarta

Minum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan bagi para pecinta kopi. Namun kebiasaan ini seringkali membuat gigi menjadi kuning sehingga perlu cara untuk mencegahnya.

Bagi pecinta kopi, rutinitas minum kopi setiap hari bisa membuat gigi menjadi kuning. Namun, ada banyak cara untuk mengurangi gigi kuning dari konsumsi kopi.

Minum kopi di pagi hari atau saat sarapan sepertinya menjadi hal wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh banyak orang. Pasalnya, kopi dipercaya dapat meningkatkan energi sehingga membuat tubuh lebih berenergi di pagi hari.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun, efek samping terlalu banyak minum kopi justru bisa membuat gigi menjadi kuning.

Melansir Healthline (23/12), ada alasan mengapa kopi bisa membuat gigi menguning. Sebab kopi mengandung tanin yaitu polifenol yang larut dalam air.

Tanin juga dapat ditemukan pada minuman lain seperti anggur dan teh. Tanin dapat menyebabkan terlihatnya komponen warna yang tertinggal pada gigi. Bila komponen warna ini tertinggal pada gigi, tentu perlahan warna kuning akan muncul pada gigi.

Faktanya, hanya dibutuhkan satu cangkir kopi sehari untuk mengubah gigi menjadi kuning. Namun, ada banyak cara untuk mencegah gigi menguning akibat konsumsi kopi.

Kunjungi Dokter Gigi secara rutin

Minum Kopi Tanpa Meninggalkan Noda Kuning di Gigi, Begini CaranyaMinum Kopi Tanpa Meninggalkan Noda Kuning di Gigi, Begini Caranya Foto: Ilustrasi iStock

Pertama, rutin ke dokter gigi untuk membersihkan gigi, misalnya sebulan sekali. Anda juga bisa merawat gigi di rumah dengan menyikat gigi menggunakan campuran baking soda dua kali sebulan. Tujuannya untuk mencerahkan warna gigi.

Anda juga bisa mengurangi efek kuning pada gigi akibat kopi dengan rajin menggunakan pasta gigi yang memiliki khasiat memutihkan gigi. Saat ini sudah banyak beredar pasta gigi premium yang khusus memutihkan gigi dan aman digunakan setiap hari.

Menonton video “Kedai Kopi M. Aboe Talib Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *