Magelang

Sentra produksi durian di Kabupaten Magelang terletak di Kecamatan Candimulyo. Durian di sini dijual dengan harga beragam, bahkan Rp 100 ribu dapat 4 buah.

Berkunjung ke Candimulyo, pecinta durian bisa memuaskan nafsu makannya! Banyak penjual durian yang menawarkan dagangannya di rumah atau di pinggir jalan.

Panen durian di Candimulyo sudah berlangsung sejak Oktober. Harga jualnya pun bervariasi, tergantung besar kecilnya durian tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Durian ini diincar oleh warga lokal Magelang, warga Jogja, Semarang dan kota lainnya. Salah satu penjual durian adalah Warung Pojok Pak Tohirin Mantenan Candimulyo. Halaman rumahnya dipenuhi mobil-mobil dari luar kota.

“Ini sudah berlangsung sejak Oktober, setidaknya hingga Februari 2024,” kata Narti, salah satu penjual durian saat ditemui di rumahnya, Kamis (21/12/2023).

Suasana penjual durian di Mantenan, Candimulyo, Kabupaten Magelang, Kamis (21/12/2023).Suasana penjual durian di Mantenan, Candimulyo, Kabupaten Magelang, Kamis (21/12/2023). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Dijelaskan lebih lanjut, harga durian bisa Rp 100 ribu untuk 4 buah, ada yang Rp 100 ribu untuk 5 buah, ada juga yang Rp 100 ribu untuk 3 buah. Bahkan ada yang harganya Rp 100-200 ribu untuk mendapatkan satu buah saja.

“Tergantung ukurannya. Ada mentega, ketan, manis dan pahit, bawor, musang king,” ujarnya.

Setiap harinya, kata dia, rata-rata terjual 300 hingga 400 unit. Lalu, untuk akhir pekan bisa terjual sebanyak 500 buah.

“Sabtu dan Minggu terjual 500 buah. Kalau hari biasa paling banyak 300 sampai 400,” kata Narti yang sudah 25 tahun berjualan durian.

Salah satu pembeli durian asal Jogja, Budi Ariyanto (54) mengatakan, dirinya kerap berkunjung ke Candimulyo untuk mencari durian. Kesempatan ini pun ia manfaatkan untuk mengenang kenangan bersama mendiang istrinya.

Durian Candimulyo memiliki tekstur daging yang kental.Durian Candimulyo memiliki tekstur daging yang kental. Foto: Eko Susanto/detikJateng

“Saya sering ke Candimulyo, Kalibawang (Kulon Progo), Kaligesing (Purworejo) dan daerah lainnya. Saya dan mendiang istri suka durian,” kata Budi.

Ia yang datang bersama rombongan temannya membeli dan memakan tiga buah durian di tempat itu. Ketiga durian itu ia dapatkan seharga Rp 180 ribu.

Yang satu besar, yang satu sedang, yang satu kecil. Yang aku suka, jujur, belum karena aku suka durian. Aku lebih suka yang rasanya agak pahit, lalu agak tajam. Yang ini agak kering, tapi yang yang terakhir cukup enak, rasanya legit, pahit. Itu yang saya suka,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Ade Sri Kuncoro Kusumaningtyas mengatakan, luas perkebunan durian di Kecamatan Candimulyo mencapai 143 hektare.

“(Pendataan) Mulai Januari hingga September 2023. Luasnya 143 hektar dengan jumlah pohon 28.541 pohon,” kata Ade dalam pesan singkatnya.

Menonton video “Makan Durian hanya Rp 5 ribu di Pasar Tiban Banjarnegara
[Gambas:Video 20detik]
(rak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *