Jakarta

Keluarga ini mengalami kerugian yang sangat besar setelah membeli telur melalui Facebook. Tanpa disadari, mereka memasang malware yang hanya membakar Rp 1,7 miliar.

Anda perlu berhati-hati saat membeli barang atau makanan melalui aplikasi online. Selain penipuan yang dilakukan oleh penjual atau driver pengiriman, juga sering ditemukan malware yang dapat menimbulkan kerugian.

Saat membeli melalui aplikasi online, halaman tersebut mungkin tiba-tiba beralih ke aplikasi atau website lain yang sebenarnya tidak ingin Anda buka. Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menjebak Anda dan tanpa sadar menyedot uang dari rekening bank Anda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kemunculan software berbahaya atau sering disebut malware bisa datang kapan saja. Pastikan Anda tidak mengklik link atau tombol apa pun yang mencurigakan, jika tidak ingin mengalami kerugian seperti keluarga ini.

Sebuah keluarga mengalami kerugian yang sangat besar setelah membeli telur organik melalui aplikasi Facebook. Berdasarkan laporan independen.sg (28/12), Ibu Singh awalnya melihat iklan di Facebook tentang telur organik. Dia dan suaminya memesan pada 26 November. Perintah tersebut mengarahkan mereka untuk mengobrol di WhatsApp. Mereka memesan dengan sosok bernama 'Jason'. Pria ini diduga menjual telur tersebut.

Jason kemudian meminta pasangan itu untuk menyetor 60 butir telur organik yang mereka pesan. Jason mengirimkan tautan untuk mengunduh aplikasi. Setelah aplikasi selesai diunduh, aplikasi akan menampilkan halaman pembayaran yang mirip dengan sistem pembayaran UOB.

Beli Telur Lewat Facebook, Keluarga Ini Ditipu Rp 1,7 Miliar!Ini bukti perbincangan sebuah keluarga dengan penipu yang mengaku menjual telur. Foto: channelnewsasia.com / Tuan Singh

Mengetahui hal ini, Pak Singh login dengan rekening bank UOB miliknya. Setelah membayar, awalnya dikatakan transaksi gagal. Setelah dia memberi tahu Jason tentang hal ini, Tuan Singh bermaksud membatalkan pesanan tersebut. Namun Jason mengungkapkan, mereka akan mengirimkan telur tersebut langsung di hari yang sama.

Keesokan harinya, UOB menelepon Bapak Singh tentang transaksi pada kartu kreditnya, yang tidak pernah dilakukan lagi oleh Bapak Singh setelah mengetahui bahwa transaksi tersebut gagal. Namun, ketika Pak Singh memeriksa kembali rekening banknya, dia menyadari bahwa semua uang di tabungannya telah hilang.

Beli Telur Lewat Facebook, Keluarga Ini Ditipu Rp 1,7 Miliar!Pak Singh diminta memasang aplikasi yang tampaknya menguras rekening banknya. Foto: channelnewsasia.com / Tuan Singh

Aplikasi tersebut, yang menghasilkan uang dari empat rekening bank Singh dan kartu kredit terdaftar, menghilang begitu saja. Menurut laporan Channel News Asia, transaksi senilai S$15.000 (Rp. 1,7 miliar) dilakukan oleh Mr. Singh di akun UOB-nya, dan hampir S$30.000 (Rp. 3.5 miliar) ditarik dari akun DBS-nya.

Pak Singh mengungkapkan bahwa dia tidak menerima notifikasi, peringatan atau kode OTP apa pun dari rekening banknya. Tiba-tiba S$150.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar hilang begitu saja.

Ini merupakan pukulan besar bagi keluarga Tuan Singh. Tuan Singh. Ia pun menggambarkan reaksinya yang saat itu merasa seperti menjadi zombie karena tidak tahu harus berbuat apa. Istrinya pun merasa putus asa saat mendatangi kantor polisi untuk membuat laporan. Istrinya juga menderita depresi karena ditipu.

Beli Telur Lewat Facebook, Keluarga Ini Ditipu Rp 1,7 Miliar!Akibat Beli Telur Lewat Facebook, Keluarga Ini Rugi Rp 1,7 Miliar! Foto: channelnewsasia.com / Tuan Singh

Setelah kejadian ini, Tn. Singh melaporkan hal tersebut ke bank, dan meminta mereka setidaknya bertanggung jawab atas kerugian yang dideritanya dan keluarganya. Pasalnya, uang tersebut sebenarnya diperuntukkan untuk membiayai sejumlah kebutuhan keluarga, antara lain kredit perumahan, biaya kuliah anak, biaya pengobatan keluarga lanjut usia, hingga dana pensiun orang tua.

Kejadian ini menyebabkan tabungan keluarga Pak Singh habis. Keadaan keluarga ini menjadi sangat buruk sehingga mereka tidak mampu lagi membayar gaji pembantu mereka yang telah bersama mereka selama 16 tahun.

Pak Singh masih bertanya-tanya tentang bencana yang dialaminya. Ia masih bingung mengapa detail kartu kredit dan detail rekening bank lainnya bisa diakses oleh penipu. Faktanya, dia tidak pernah memberikannya kepada siapapun.

“Bank harus bertanggung jawab, setidaknya bertanggung jawab sebagian. Bukan saya yang mengambil uang dan memberikannya begitu saja kepada penipu. Saya sama sekali tidak menyadarinya,” jelas Pak Singh kepada CNA.

Hingga saat ini belum diketahui apakah Pak Singh mendapat bantuan atau tanggung jawab dari pihak bank, atau apakah uang RM1,7 miliar milik Pak Singh dan keluarganya benar-benar dicuri. Masalah terkait aplikasi malware juga pernah terjadi sebelumnya. Korban sebelumnya mengunduh aplikasi yang penuh malware dan kehilangan S$99.800 atau sekitar 1.168.151.894,24.

Menonton video “Membuat Anda Lapar: Chuleton yang Menghancurkan Lidah Anda
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *