Jakarta

Kopi hijau adalah sebutan untuk biji kopi yang belum disangrai. Mengonsumsi kopi hijau dipercaya memberikan berbagai manfaat termasuk membantu menurunkan berat badan. Apakah itu benar?

Biji kopi umumnya diketahui berwarna coklat akibat proses pemanggangan, padahal aslinya berwarna hijau. Biji kopi hijau inilah yang sering disebut dengan kopi hijau.

Biji kopi pada dasarnya kaya akan antioksidan dan senyawa aktif lainnya. Dua yang paling populer adalah asam klorogenat dan kafein.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sayangnya, proses pemanggangan mengubah komposisi kimia biji kopi, termasuk mempengaruhi nutrisi di dalamnya. Sebagian besar asam klorogenat bahkan dikatakan hilang ketika biji kopi dipanaskan pada suhu tinggi.

Hal ini pula yang membuat banyak orang percaya dengan khasiat kopi hijau atau biji kopi yang belum digongseng. Nutrisi dalam kopi hijau dianggap utuh.

Manfaat kopi hijau

Ekstrak kopi hijau mengandung beberapa senyawa aktif, antara lain kafein dan asam klorogenat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Berikut manfaat biji kopi yang tidak digongseng, mengutip Medical News Today:

1. Mencegah penyakit diabetes

5 Cara Mengonsumsi Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat BadanKopi hijau dipercaya dapat mencegah diabetes. Foto: iStock

Asam klorogenat diketahui membantu mengatur glukosa dan insulin. Hal ini ditemukan dalam review tahun 2020 yang menemukan bahwa ekstrak kopi hijau dengan dosis lebih dari 400 miligram per hari dapat meningkatkan kadar insulin.

Oleh karena itu, mencegah atau mengendalikan diabetes tipe 2 bisa menjadi salah satu manfaat kopi hijau.

2. Menjaga tekanan darah

5 Cara Mengonsumsi Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat BadanKonsumsi kopi hijau juga memberikan efek positif pada pembuluh darah. Foto: iStock

Ekstrak biji kopi yang tidak digongseng terbukti memiliki efek positif pada pembuluh darah. Selain itu, kopi hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Ekstrak kopi hijau dapat membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 400 miligram ekstrak kopi hijau selama empat minggu secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah manfaat kopi hijau yang paling populer. Hal ini diyakini terjadi karena kandungan kafein di dalamnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein dapat membantu proses penurunan berat badan.

Namun, bertentangan dengan kepercayaan umum, para ilmuwan justru percaya bahwa asam klorogenatlah yang berkontribusi terhadap efek penurunan berat badan.

Ulasan tahun 2013 menemukan bahwa asam klorogenat dapat mengurangi penyerapan karbohidrat di saluran pencernaan untuk mencegah kelebihan gula darah.

Manfaat kopi hijau untuk diet ini juga telah ditemukan dalam beberapa penelitian. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa wanita yang mengalami obesitas bisa mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan setelah mengonsumsi ekstrak kopi hijau. Suplemen tersebut dikonsumsi sebanyak 400 miligram selama delapan minggu.

Efek samping kopi hijau

Biji kopi hijau di permukaan kayu Biji kopi hijau di permukaan kayuMeski bermanfaat, namun ada efek sampingnya jika dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar. Foto: iStock

Karena penelitian yang masih terbatas, para ilmuwan belum mengetahui secara pasti efek jangka panjang dari ekstrak kopi hijau. Hingga saat ini, penelitian yang ada hanya menunjukkan manfaat biji kopi yang tidak digongseng.

Malahan, efek samping kopi hijau hanya muncul karena kandungan kafein di dalamnya. Mengutip WebMD, kafein sendiri memiliki beberapa efek samping seperti sakit kepala, sakit perut, dan kecemasan.

Karena efek samping di atas, kopi hijau mungkin tidak direkomendasikan untuk kelompok orang berikut:

– menderita glaukoma,
– memiliki masalah kecemasan,
– menderita diabetes atau berisiko terkena diabetes,
– memiliki tekanan darah tinggi,
– menderita sindrom usus besar,
– menderita osteoporosis.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu sebelum mengonsumsi ekstrak kopi hijau.

Juga bicara tentang penggunaan narkoba. Beberapa obat mungkin berinteraksi dengan kopi hijau, seperti stimulan, pengencer darah, dan obat untuk:

– penyakit jantung,
– masalah tulang lemah,
– sakit paru paru,
– depresi.

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul 3 Manfaat Ekstrak Kopi Hijau, Benarkah Baik untuk Diet? https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20231228073616-262-1042486/3-manfaat-ekstrak-green-coffee-benrakah-bisa-untuk-diet

Menonton video “Bikin Lapar: Ayam Panggang Empuk Lezat dengan Nasi Biru
[Gambas:Video 20detik]
(Tim CNN Indonesia/Tim CNN Indonesia)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *