Jakarta

Periklanan digunakan sebagai strategi pemasaran yang efektif. Banyak produk dan brand makanan yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membuat iklan makanan.

Selain untuk meningkatkan penjualan, iklan berfungsi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk makanan. Banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang untuk membuat iklan makanan termahal di dunia.

Sejak dahulu kala, periklanan memegang peranan penting dalam kesuksesan suatu produk. Mulai dari produk mobil hingga produk makanan. Beberapa perusahaan makanan besar biasanya menghabiskan puluhan miliar hanya untuk merilis satu iklan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mulai dari biaya produksi yang tidak murah hingga slot tayang di event papan atas seperti Super Bowl di Amerika. Itu semua menjadi alasan mengapa lima iklan makanan termahal di dunia ini menelan biaya hingga Rp 247 miliar.

Dilaporkan dari berbagai sumber (29/12), berikut lima iklan makanan termahal di dunia yang menelan biaya miliaran rupiah.

1. Guinness

-– Foto: Istimewa

Perusahaan minuman beralkohol bisa dikatakan tidak main-main dalam mengeluarkan iklan mahal untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah perusahaan minuman Guinness yang meluncurkan iklan bertajuk 'Tipping Point' pada tahun 2007.

Iklan ini merupakan salah satu iklan makanan termahal di dunia. Dibutuhkan biaya sekitar USD 16 juta (Rp 247 miliar) untuk membuat iklan ini. Apalagi iklan ini diambil di desa terpencil di Argentina.

Iklan tersebut menceritakan beberapa peristiwa terkait yang berujung pada sebuah monumen besar berisi segelas Guinness. Meski harga iklannya sangat mahal, namun sebanding dengan penjualan Guinness yang terus meningkat di seluruh dunia.

2. Kuncup Cahaya

-– Foto: Iklan Bud Light.

Bud Light adalah bir ala Amerika yang sangat populer di sana. Sama seperti PepsiCo, Bud Light juga memutuskan untuk menayangkan iklan mahal mereka selama Super Bowl 2014.

Iklan minuman bir menelan biaya hingga USD 12 juta (Rp 185,2 miliar) karena diisi oleh bintang-bintang ternama. Seperti Reggie Watts, Don Cheadle, dan Arnold Arnold Schwarzenegger.

Iklan ini dikenal dengan nama 'Up for Apapun'. Bercerita tentang kehidupan malam seorang pria bernama Ian Rapoport yang terus bertemu orang-orang terkenal sepanjang malam.

3. Pepsi

-– Foto: Istimewa

PepsiCo adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Amerika. Dengan produk unggulan minuman berkarbonasi Pepsi, perusahaan ini rela mengeluarkan dana sebesar USD 8,1 juta (Rp 125 miliar) untuk iklan.

Iklan ini diberi nama 'Joy of Pepsi' yang diproduksi pada tahun 2001 dan dibintangi oleh Britney Spears. Saat iklan ini pertama kali ditayangkan di Super Bowl, Britney Spears sedang berada di puncak karirnya.

PepsiCo mengusung konsep video klip di mana Britney bernyanyi sambil meminum Pepsi. Iklan super mahal ini bahkan dibintangi oleh salah satu politisi terkenal saat itu bernama Bob Dole.

Menonton video “Nikmati masakan khas Timur Tengah dengan bumbu otentik di Medan
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *