Jakarta

Boba atau bubble tea merupakan minuman yang banyak disukai remaja. Karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Berapa kandungan kafein dan gulanya?

Minuman yang masih populer hingga saat ini adalah boba atau bubble tea. Ini adalah minuman khas Taiwan yang terbuat dari campuran teh dan susu, kemudian diberi hiasan mutiara tapioka atau boba.

Itu sebabnya kini lebih dikenal dengan sebutan minuman boba dibandingkan bubble tea. Kreasi minuman boba pun semakin beragam, tidak hanya dengan rasa teh susu klasik saja, namun juga dengan rasa campuran buah dan kopi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir Yahoo Life (23/12), minuman boba ini diketahui sangat populer di kalangan remaja. Hal serupa juga diungkapkan seorang remaja asal Amerika.

“Saya suka sekali dengan singkong mutiara,” kata Billie, remaja yang terlibat. “Teman-temanku juga banyak yang suka boba. Kadang kami dapat boba untuk makan siang,” lanjutnya.

fakta tentang kandungan gula dan kafein pada minuman bobafakta kandungan gula dan kafein pada minuman boba Foto: Getty Images/iStockphoto

Karena kecintaannya pada minuman boba, Billie pun mengungkapkan bahwa dirinya memiliki mainan bertema bubble tea. Mulai dari pembuatan anting boba, boneka boba, dll.

Dr Anh Le, dokter anak di One Medical, California, Amerika Serikat mengatakan, boba merupakan minuman yang minim kandungan nutrisi. Kandungan tidak sehat yang ada pada minuman ini salah satunya adalah kandungan gulanya yang tinggi.

“Minuman tinggi gula tidak sehat bagi anak-anak karena dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebihan dan semakin meningkatkan risiko penyakit jantung, perlemakan hati, dan diabetes,” jelas Le dalam video tersebut.

Le pun menjelaskan perbandingan jumlah gula yang terkandung dalam minuman boba ini. Katanya, 1 porsi boba tea seberat 480 gram berarti mengandung hampir 40 gram gula. Jumlah ini setara dengan minuman soda.

Dalam hal ini, Le juga mengatakan agar orang tua harus memperhatikan jumlah kafein yang boleh dikonsumsi anak dari minuman boba. “Kafein berisiko mempengaruhi tidur, meningkatkan iritabilitas dan konsentrasi,” ujarnya.

Le menjelaskan, jumlah kafein yang aman untuk dikonsumsi adalah 75 mg hingga 100 mg selama 24 jam. “Tergantung jenis teh yang digunakan, jumlah kafein pada minuman boba tea bervariasi antara 30-50 mg,” jelasnya.

Menonton video “Masakan: Takjil Cantik Kombinasi Bubur Sumsum dan Boba
[Gambas:Video 20detik]
(dll/ode)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *