Jakarta

Jika Anda sedang berlibur atau melewati Tegal, jangan lupa menyantap kambing Tegal yang terkenal dengan kelezatannya. Ada banyak kedai sate legendaris yang wajib dikunjungi di Tegal.

Berbeda dengan sate kambing Madura atau Solo, sate kambing khas Tegal ini menggunakan daging kambing muda yang berumur kurang dari tiga bulan (batibul). Tekstur daging kambing muda tentunya lebih empuk dan tidak keras sama sekali.

Selain itu aromanya juga lebih harum dengan lapisan kecap yang lebih kental dan manis. Kalau kamu lagi liburan atau ke Tegal, lima tempat makan ini wajib masuk daftar kuliner enak di Tegal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut lima rekomendasi tempat sate terenak dan legendaris di Tegal.

1. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Batibul Bang Awi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Terkenal dengan sajian sate kambing mudanya. Di Tegal, wajib menyantap Sate Kambing Batibul Bang Awi yang legendaris dan populer sejak tahun 1996. Berbeda dengan warung sate pada umumnya. Di Bang Awi, pengunjung akan disambut dengan pemandangan rumah kolonial Belanda. Interior rumah kuno ini disulap menjadi restoran sate ikonik.

Menu makanan di Sate Kambing Batibul Bang Awi sama dengan warung sate lainnya. Namun di sini pilihan satenya lebih spesifik dan bisa dipilih sesuai selera. Misalnya saja sate domba Batibul biasa (Rp 5.000/potong). Lalu ada sate kambing kurus spesial (Rp 5.900/potong).

Selain menu sate kambing Batibul, Bang Awi juga punya menu populer lainnya. Biasanya orang suka menyantap sate dengan ditemani sop daging kambing kuah bening. Kalau suka yang pedas, biasanya pesan tongseng daging domba hanya Rp 35.000 saja.

2. Sate Kambing Mendo Sari

Berarti!  Mampir ke Tegal, jangan lupa makan sate legendaris Tegal yang paling enakBerarti! Mampir ke Tegal, jangan lupa makan sate legendaris terenak di Tegal Foto: Visual/Site

Sate Sari Mendo Kambing merupakan salah satu sate yang paling populer di Tegal dan sudah ada sejak tahun 1980an. Saking populernya, dalam sehari warung sate ini bisa menyantap hingga 12 ekor daging domba.

Ciri khas daging domba yang dipotong besar dengan tekstur lembut dan rasa sedikit manis membuat pelanggan terus datang ke sini. Menu kari dan supnya pun tak kalah enak dan cocok juga bagi yang ingin makanan hangat.

Sate yang terletak di Jalan Teuku Umar, Debong Tengah, Tegal Selatan ini juga buka hingga tengah malam. Harga tiap porsi sate domba bisa dipesan mulai dari Rp 45.000 saja.

3. Sate Kambing Gemuk Tegal

Berarti!  Mampir ke Tegal, jangan lupa makan sate legendaris terenak di TegalBerarti! Mampir ke Tegal, jangan lupa makan sate legendaris terenak di Tegal Foto: Visual/Site

Tak hanya digandrungi pelanggan karena rasanya, warung sate ini juga punya suasana makan yang asyik untuk mengisi waktu. Sate Lemu Kambing Domba Tegal menjadi salah satu hidangan andalan masyarakat setempat karena menunya yang lengkap.

Tak hanya sate, di sini juga ada gule, sop, dan asam kambing yang nikmat disantap. Uniknya lagi, di sini pesanan sate pelanggan akan disajikan menggunakan hot plate.

Harga tiap porsi sate kambing dipatok Rp 59.000 untuk 10 tusuk sate dan bisa juga dipesan setengah porsi. Lokasi Sate Kambing Domba Gemuk Tegal berada di Jalan Ahmad Yani No.84, Mangkukusuman, Tegal.

Menonton video “Membuatmu lapar; Malam Kuliner di Sate Jaya Agung Kebon Sirih
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *