Site icon Food Blog Ciali

Batasi Penggunaan! 5 Rempah Ini Tidak Baik untuk Kulit


Jakarta

Selain sebagai bumbu kuliner, rempah-rempah juga sering digunakan sebagai obat herbal. Namun, ada beberapa jenis rempah yang justru kurang baik untuk kulit.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau minuman herbal untuk pengobatan tradisional.

Melaporkan dari Food NDTV (2/1), rempah-rempah juga diketahui mengandung antioksidan tingkat tinggi. Banyak dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski bermanfaat untuk beberapa masalah kesehatan, ternyata ada juga beberapa rempah yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Rempah-rempah tersebut antara lain kayu manis, cengkeh, dan bawang putih.

Berikut 5 rempah yang kurang baik untuk kesehatan kulit:

1. Cabai

cabai Foto: Getty Images/FatCamera

Cabai di Indonesia sangat umum digunakan untuk masakan. Selain rasanya yang pedas, cabai juga bermanfaat untuk diet karena kandungan vitamin C-nya dapat membantu detoksifikasi.

Sayangnya, cabai juga mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, termasuk kulit. Pasalnya, cabai mengandung aflatoksin yang dapat menyebabkan ruam, iritasi kulit, dan lain-lain.

2. Kayu Manis

Kayu manis biasanya dijadikan bahan campuran kue atau minuman hangat. Khasiat rempah ini juga sudah banyak diketahui, sayangnya tidak untuk kulitnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menyatakan bahwa hipersensitivitas kayu manis relatif umum terjadi. Sehingga menimbulkan sensasi kesemutan pada kulit, ruam, dll.

Menonton video “Masakan Permata Tersembunyi Dekat Canggu: Bebek Goreng Lezat dengan Bumbu
[Gambas:Video 20detik]

Exit mobile version