Jakarta

Memasuki tahun baru, tren makanan akan berubah. Tren pangan pada tahun 2024 diprediksi akan kembali bernostalgia dengan pangan ramah lingkungan.

Menyambut tahun baru tentunya akan terjadi perubahan dan adaptasi di beberapa aspek termasuk kuliner. Meski pada awal tahun ini tren kuliner masa depan masih belum pasti, namun ada beberapa prediksi yang bermunculan.

Metz Culinary Management sebagai perusahaan manajemen kuliner telah merilis daftar tahunan tren kuliner yang diperkirakan akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Mereka juga membagikan daftar tren memasak untuk beberapa sektor, seperti pendidikan, kesehatan, dan memasak komersial.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tren kuliner di tahun 2024 diprediksi akan kembali ke hidangan nostalgia. Para pecinta kuliner akan dibawa kembali ke kuliner kuno namun dalam suasana yang lebih modern.

Tak hanya di dunia kuliner, sejak dua tahun terakhir tren seperti tren fesyen kembali populer terutama di kalangan anak muda. Tak heran jika di tahun ini dunia kuliner juga kembali ke tren makanan retro dan nostalgia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tren pangan tahun 2024 yang dimaksud, simak informasi berikut dari foodservicedirector.com (19/12/2023):

1. Makanan nostalgia

Nostalgia jajanan roti jaman dulu di Gelora Bakery yang sudah berusia 73 tahunRoti jadul dan beberapa makanan jadul lainnya digadang-gadang akan menjadi tren kuliner di tahun 2024. Foto: detikFood

Diprediksi banyak yang mendambakan makanan nostalgia tahun ini. Manajemen Kuliner Metz mengantisipasi minat banyak orang terhadap hidangan yang mengingatkan mereka akan makanan favorit mereka saat tumbuh dewasa.

Di Indonesia sendiri, masih banyak makanan yang mungkin masih melekat di diri kita hingga saat ini karena kenangan masa lalu. Resep dan rasa lama juga akan menarik bagi pengunjung muda.

Misalnya saja di Indonesia, roti jaman dulu dan kue jaman dulu kini banyak peminatnya. Ketika mereka membeli makanan ini, mereka terlihat puas karena bisa merasakan sensasi makanan seperti yang mereka rasakan saat masih kecil. Rasa nostalgia inilah yang akhirnya memicu banyak orang untuk menemukan kembali makanan-makanan lama.

Anda tidak hanya dapat mengembalikan kenangan indah, tetapi makanan kuno yang muncul kembali dapat diperkenalkan kepada generasi baru.

Chef John Selick, direktur kuliner Metz mengatakan, “Permen, sereal, dan hidangan klasik tahun 1950-an hingga 1990-an tidak hanya menyenangkan bagi kita yang mengingat makanan ini sejak masa kanak-kanak, namun juga menangkap imajinasi generasi baru.”

2. Makanan dengan kombinasi berbagai rasa

Croissant unik berbentuk onigiriMakanan dengan berbagai kombinasi rasa dan tekstur, seperti croissant onigiri, juga digadang-gadang akan menjadi tren. Foto: La Levain

Menurut Metz, memadukan rasa berbeda dari berbagai masakan akan menjadi hal besar di tahun 2024. Dengan kombinasi tersebut, pecinta kuliner bisa menikmati makanan favoritnya dengan variasi rasa yang lebih beragam.

Penyedia jasa makanan ini juga mengatakan, tren pada tahun 2024 akan memungkinkan masuknya masakan campur dari satu negara ke negara lain. Misalnya, Metz berencana memperkenalkan kombinasi daging sapi okonomiyaki ruben dengan nasi goreng yang terinspirasi dari kari dan rempah-rempah India.

3. Biji-bijian kuno

Pada zaman dahulu, sebelum nasi ditemukan, masyarakat lebih suka menikmati biji-bijian dan kacang-kacangan. Namun siapa sangka gaya hidup seperti ini juga diprediksi akan muncul kembali di tahun 2024.

Menurut Metz, bahan-bahan kuno tersebut akan muncul dan digunakan untuk menghormati keanekaragaman budaya melalui makanan.

Metz dan perusahaan manufakturnya juga mengembangkan resep baru menggunakan biji-bijian kuno. Kemudian akan diolah menjadi masakan modern seperti burger atau bubur gandum atau oat.

Prediksi tren kuliner tahun 2024 lainnya bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Pasar Ikan Kedonganan Bali Dipenuhi Pembeli Jelang Tahun Baru 2024
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *