Jakarta

Kahiyang Ayu melewati tahun 2023 dengan bangga. Pasalnya, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 30 kilogram (kg)! Kahiyang pun membagikan kabar ini melalui Instagram.

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, mengungkap pencapaian paling membanggakan di tahun 2023. Melalui unggahan Instagram (1/1/2024), ibu 3 anak ini mengaku berat badannya turun hingga 30 kg.

“Alhamdulillah berat badan saya turun 30 kg (prestasi dalam hidup),” tulis Wali Kota Medan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kahiyang pun tak sungkan membagikan motivasi menjalani diet ketat. Wanita berusia 32 tahun itu mengaku kerap mengalami body sharing, baik dari orang asing maupun orang terdekat.

Kahiyang Ayu Sukses Diet, Turun Hingga 30 Kilogram!Kahiyang Ayu melewati tahun 2023 dengan prestasi luar biasa, turun 30 kg! Foto: Instagram ayanggkahiyang

“Kenapa akhirnya diet? Kamu janji diet dan karena capek, kamu dihina (oleh orang yang kamu kenal dan orang yang tidak kamu kenal) karena kamu gemuk,” kata Kahiyang.

Kahiyang mengaku pernah melewati fase di mana ia merasa nyaman dengan tubuhnya, padahal menurut standar banyak orang, tubuhnya terlalu gemuk. Namun, ia akhirnya memutuskan untuk melakukan diet ketat karena berat badannya yang semakin sulit dikendalikan.

Lantas, apa rahasia diet Kahiyang?

“Kalau ditanya, apakah diet itu sulit? Jawabannya tidak. Yang sulit adalah menemukan niat diet dan konsisten dalam diet. Butuh waktu 5 tahun bagi saya untuk menemukan niat tersebut.”

“Saya hanya berbagi cerita saja, tidak ingin pamer apalagi menghina, yang penting kita sehat dan lebih mencintai diri sendiri,” tutupnya.

Kahiyang Ayu Sukses Diet, Turun Hingga 30 Kilogram!Kahiyang Ayu mengaku butuh waktu 5 tahun untuk mengukuhkan niat diet. Foto: Instagram ayanggkahiyang

Nutrisi yang efektif menurut sains

Saat ini ada banyak metode diet yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya dikatakan sangat efektif. Namun dari sekian banyak cara diet, manakah yang paling efektif menurut sains?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Dr. David Katz dan Stephanie Meller dari Yale University melakukan penelitian yang dipublikasikan dalam makalah berjudul “Can We Say What Diet Is Best for Health?”.

Dalam studi tersebut, mereka membandingkan beberapa metode diet: diet rendah karbohidrat, diet rendah lemak, diet rendah gula, diet Mediterania, diet campuran/seimbang (DASH), diet paleolitik, diet vegan, dan elemen makanan lainnya.

Hasilnya, Katz dan Meller menyimpulkan bahwa tidak ada satu metode diet yang paling efektif, namun mereka menemukan bahwa ada unsur-unsur umum dalam diet yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Unsur tersebut adalah hanya mengonsumsi makanan segar, bukan makanan olahan atau siap saji.

“Pola makan yang dekat dengan alam, terutama sayur-sayuran dan buah-buahan, sangat terkait dengan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit,” kata Katz, dikutip The Atlantic.

Artikel ini telah tayang di CNBC Indonesia dengan judul Kahiyang Ayu Berbagi Tips Diet yang Bikin Berat Badan Turun 30 Kilogram

(adr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *