Jakarta

Kesehatan pencernaan harus dijaga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Inilah daftar minuman yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus membuat perut lebih nyaman.

Sistem pencernaan harus selalu sehat karena mempunyai peranan penting dalam penyerapan nutrisi makanan. Jika kesehatan Anda terganggu, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami gejala seperti sulit buang angin atau buang air besar yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, cobalah praktikkan minuman yang mampu menenangkan sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, dan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Beberapa minuman diketahui memiliki manfaat tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 5 minuman yang membantu melancarkan pencernaan dan membuat perut nyaman:

1. Air putih

Bukan rahasia lagi kalau air mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum. Bahkan untuk kesehatan pencernaan. Anda disarankan untuk meminum air hangat karena membantu bakteri di usus bekerja lebih baik.

Mengutip Ayo Sehat dari Kementerian Kesehatan RI, air minum juga membantu memperlancar buang air besar. Ini karena air melunakkan tinja dan mencegah sembelit.

2. Teh herbal dan rempah-rempah

Manfaat minum teh jaheFoto: Getty Images/iStockphoto/

Jika ingin minuman dengan rasa ekstra, Anda bisa mengonsumsi teh herbal dan rempah-rempah. Pilihannya beragam, antara lain teh kunyit, teh peppermint, dan teh jahe.

Berbagai bumbu dan rempah yang diseduh dengan air hangat mengurangi peradangan dan meredakan gejala gangguan pencernaan. Jika ingin lebih gurih, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

3. Jus hijau

Kesehatan pencernaan juga bisa dijaga dengan rutin mengonsumsi jus hijau. Biasanya dibuat dari bayam, mentimun, seledri, kangkung, apel, dan jahe hingga lemon untuk menambah rasa.

Jus hijau kaya akan air dan serat yang membantu 'limbah' melewati sistem pencernaan dengan mudah. Hasilnya, buang air besar menjadi lebih efektif dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *