Jakarta

Saat memasak mie instan, ada yang memasak mie secara terpisah dari kuahnya dan ada pula yang memasaknya secara bersamaan. Namun sebenarnya mana yang ideal? Inilah yang dikatakan para ahli.

Memasak mie instan atau ramen sekilas tampak mudah. Cukup rebus mie mentah lalu sajikan dengan air matang dan pelengkapnya.

Dalam proses memasaknya, biasanya ada dua cara umum. Pertama, mie mentah langsung dimasak di dalam kuah. Tujuannya agar memasak menjadi lebih praktis dan efektif karena menggunakan air rebusan yang sama.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cara kedua, mie mentah direbus di panci terpisah dari panci yang memasak kuahnya. Kemudian, mie yang sudah matang dicampur dengan kuahnya di dalam mangkuk.

deskripsi sarapan mie instanSaat memasak mie instan, ada yang merebus mie bersama kuahnya dan ada pula yang merebusnya secara terpisah. Foto: Getty Images/iStockphoto

Di antara kedua cara tersebut, manakah yang cocok untuk menghasilkan mie rebus yang lebih enak dari segi tekstur dan rasa? Memukul (25/11/2023) memberikan jawabannya.

Ternyata mie mentah paling enak direbus terpisah dari kuahnya. Dengan begitu Anda bisa mengontrol tingkat kematangannya dengan lebih mudah. Semuanya bisa disesuaikan selera, keras atau sangat lembut.

Kedua, memasak mie secara terpisah juga memungkinkan Anda mendapatkan mie rebus dengan kuah yang lebih bening nantinya. Pasalnya, pati hasil perebusan mie bisa dihilangkan dengan mudah.

Setelah mie direbus terpisah, ada tips tambahan agar mie rebusnya lebih enak. Anda perlu menyaring dan mengeringkan mie secara menyeluruh sebelum mencampurkannya dengan saus.

Karena sisa air dari mie rebus tidak meningkatkan rasa mie rebus secara keseluruhan. Bukan berarti sisa air rebusan pasta membuat pasta lebih enak saat diaduk ke dalam saus.

Kesalahan Umum Saat Memasak Mie InstanMasak mie secara terpisah dari sausnya agar lebih enak. Foto: Getty Images/iStockphoto

Setelah itu masukkan mie kering sesegera mungkin ke dalam mangkuk berisi kuah. Usahakan juga sausnya dimasak dalam waktu yang bersamaan atau setidaknya tidak jauh berbeda saat dimasak.

Karena jika salah satunya dingin maka suhu mie rebus utuh juga akan turun. Rasanya kurang optimal. Jangan lupa untuk menambahkan topping atau aksesoris agar mie rebusnya semakin nikmat.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *