Jakarta

Di Korea Selatan, makan dengan tangan bukanlah sebuah budaya. Karena itulah momen beberapa pria asal Korea Selatan makan nasi dengan tangan langsung mencuri perhatian.

Budaya makanan di setiap negara berbeda-beda, bahkan di negara-negara Asia sekalipun. Meski berada di benua yang sama, budaya makanan antar negara bisa sangat berbeda.

Salah satunya soal makan langsung dengan tangan. Praktik ini umum terjadi di Indonesia dan Malaysia, namun tidak di Korea Selatan. Karena mereka terbiasa makan dengan sumpit dan sendok.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pria asal Malaysia bernama Fikri Akram pun tertarik memperkenalkan budaya makan dengan tangan langsung kepada rekan-rekannya di Korea Selatan. Momen tersebut ditampilkan melalui TikTok miliknya, fikriakram91.

Pria Korea Ajarkan Makan Pakai Tangan, Begini CaranyaFikri memasak udang yang dimasak dengan lemak dan ayam goreng untuk teman-temannya di Korea Selatan. Foto: TikTok fikriyakram91

Fikri yang sudah lima bulan bekerja sebagai insinyur di Korea Selatan, terlihat menyiapkan dua masakan rumahan Malaysia. Mulai dari momen berbelanja hingga mengolah bahan menjadi udang masak dan ayam goreng.

Mengumpulkan Sangat aneh (4/1/2024), Fikri sengaja memasak sebagian besar karena ingin memperkenalkan masakan Malaysia kepada rekan-rekannya. Ia pun menyiapkan nasi putih untuk disantap dengan hidangan khasnya.

Tak lupa sambalnya agar pengalaman bersantapnya autentik seperti orang Malaysia. Saus sambalnya antara lain sambal hijau dan sambal terasi.

Pria Korea Ajarkan Makan Pakai Tangan, Begini CaranyaPria asal Korea ini asyik menyantap nasi dengan sambal. Foto: TikTok fikriyakram91

Melihat botol sambal tersebut, teman Fikri terlihat sangat senang. Dia tampak bersemangat untuk memakannya.

Alih-alih menyediakan alat makan, Fikri hanya menyediakan piring. Budaya makan dengan tangan ia kenalkan langsung kepada ketiga rekannya.

Mereka tampak tak peduli dan hanya melahap nasi bersama lauk pauknya. Gerakan mereka agak kaku, namun mereka tidak terlihat kikuk atau geli melihat butiran nasi dan kuah yang menempel di tangan mereka.

Pria asal Korea Selatan itu pun terlihat asyik mengobrol sambil makan. Ada juga yang menambahkan nasi dan lauk pauknya, enak banget.

Fikri mengaku sengaja memasak masakan Malaysia untuk teman-temannya. Ia yang hobi memasak ingin memperkenalkan budaya makanan Malaysia.

Pria Korea Ajarkan Makan Pakai Tangan, Begini CaranyaPria asal Korea ini terlihat luwes saat menyantap nasi dengan tangannya. Foto: TikTok fikriyakram91

“Reaksi teman-teman sangat positif. Mereka sangat terkesan dan menikmati setiap suapan masakan Malaysia,” kata Fikri.

Menurut Fikri, respon positif dari teman-temannya membuatnya semangat untuk memasak masakan Malaysia lainnya nantinya.

Unggahan Fikri di TikTok menyedot perhatian netizen. Banyak yang memberikan komentar positif. Mereka juga memuji orang Korea yang terlihat fleksibel dalam makan dengan tangan.

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *