Jakarta

Alih-alih gula pasir, Anda bisa menggunakan sirup maple yang lebih bergizi sebagai pemanis kopi. Perhatikan saja ukurannya!

Kopi hitam atau kopi tanpa pemanis sebenarnya adalah pilihan terbaik. Sebab, penambahan pemanis seperti gula pasir justru akan mengurangi manfaatnya.

Sementara itu, banyak orang yang tidak menyukai kopi hitam karena kebanyakan rasanya pahit. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan sirup maple untuk mempermanis kopi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sirup ini berbentuk cair sehingga lebih cepat larut dalam kopi. Menurut ahli gizi Lauren Manaker, pemanis ini juga mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan gula pasir.

Dikutip dari Livestrong (05/02/23) berikut manfaat sirup maple pada kopi beserta takarannya.

1. Sirup maple kaya nutrisi

Sirup maple untuk campuran kopiSirup maple untuk campuran kopi Foto: iStock

Sirup maple bisa menjadi pilihan yang baik untuk menggantikan gula sebagai pemanis kopi. Sirup maple kaya akan berbagai nutrisi, seperti kalsium, magnesium, dan potasium.

“Ini adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan gula pasir,” kata ahli gizi Lauren Manaker.

Meski begitu, Manaker tetap menyarankan untuk memperhatikan dosisnya. Anda hanya perlu menambahkan satu sendok teh ke dalam secangkir kopi, lalu aduk hingga tercampur rata.

2. Kaya akan antioksidan

Sirup maple mengandung sejumlah antioksidan karena terbuat dari getah pohon maple. Temuan antioksidan ini juga telah dikonfirmasi oleh penelitian.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry (2011), sirup maple mengandung lebih dari 67 polifenol berbeda.

Sebanyak 9% polifenol ini termasuk salah satu yang disebut quebecol. Menurut penelitian, mampu mengurangi peradangan pada tubuh.

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *