Jakarta

Datangnya musim hujan harus diimbangi dengan imunitas yang lebih kuat. Agar terhindar dari flu dan mudah sakit, beberapa makanan ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Banyak laporan cuaca yang memberitakan bahwa musim hujan mulai tiba di Indonesia. Menurut detikedu (4/1), terlambatnya datangnya musim hujan disebabkan oleh memburuknya kondisi El Nino yang melemahkan musim hujan Asia yang memasuki Pulau Jawa.

Namun kini dengan curah hujan yang semakin sering dan semakin tinggi, saatnya mempersiapkan tubuh agar tidak mudah sakit. Peralihan musim panas ke musim hujan biasanya akan menimbulkan beberapa gejala gangguan kesehatan seperti flu atau penyakit lainnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi secara rutin menyambut musim hujan. Manfaatnya adalah memperkuat imunitas, menghangatkan tubuh, dan mengusir virus yang menyerang kesehatan.

Berikut 5 makanan yang cocok disantap saat musim hujan menurut Today:

5 Makanan Pencegah Flu yang Cocok Disantap Saat Musim HujanJeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi cocok untuk melindungi tubuh dari perubahan cuaca. Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

1. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini sangat diperlukan tubuh saat menghadapi cuaca tidak stabil untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Menurut pengamatan yang dilakukan oleh National Centre for Epidemiology and Population Health, Australian National University, vitamin ini direkomendasikan untuk mencegah berbagai penyakit. Vitamin C dapat membantu mencegah masuk angin, terutama bagi orang yang sensitif terhadap cuaca.

Di Indonesia sendiri harga jeruk murah dan mudah didapat. Baik dikonsumsi dalam bentuk buah utuh maupun jus segar, para ahli boleh menikmatinya secara rutin.

2. Yoghurt Yunani

Yogurt yang melalui proses fermentasi dipercaya dapat menjadi sumber makanan dengan bakteri sehat dan baik. Bahkan di Korea Selatan, makanan fermentasi banyak dikonsumsi masyarakat dan diyakini menyehatkan.

Berbeda dengan yogurt biasa, yogurt Yunani mengandung lebih banyak probiotik dan protein. Menurut meta-analisis yang diterbitkan oleh Korean Journal of Family Medicine, ditemukan bahwa probiotik dapat mencegah flu dengan lebih efektif.

Peneliti mengungkap fakta bahwa orang yang mengonsumsi probiotik cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena flu. Pasalnya, probiotik dapat memperkuat kekebalan tubuh dengan menyehatkan pencernaan, terutama bakteri yang ada di usus.

Asupan lain yang direkomendasikan ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *