Jakarta

Di Pulau Sumatera banyak tumbuh biji kopi spesial. Di Sumatera Selatan misalnya, terdapat 5 jenis kopi Robusta berikut ini.

Kopi jenis Robusta asal Sumatera Selatan (Sumsel) ini banyak ditemui di daerah dataran tinggi. Misalnya di Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKU).

Sebelum membahas jenis-jenisnya, apa sebenarnya kopi Robusta itu? Kopi Robusta merupakan hasil persilangan beberapa varietas dengan kopi canephora. Kopi ini merupakan jenis kopi yang banyak diminum selain kopi arabika.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kopi Robusta memiliki ciri-ciri seperti rasa lebih pahit, aroma lebih kuat, kandungan kafein lebih tinggi, dan biji kopi lebih bulat. Kopi jenis Robusta ini dapat tumbuh pada ketinggian 400-700 meter di atas permukaan laut dengan suhu 21-24 derajat Celcius.

Berikut 5 jenis kopi Robusta asal Sumatera Selatan:

1. Kopi Dempo Pagar Alam

Antara Robusta dan Arabika, Kopi Mana yang Lebih Sehat?Kopi Robusta. Foto: Ilustrasi iStock

Kopi Dempo Pagar Alam merupakan jenis kopi Robusta yang paling banyak ditemukan di Sumatera Selatan. Kopi Dempo Pagar Alam memiliki rasa pahit dan nikmat yang pas. Selain itu aroma kopi Pagar Alam Dempo memiliki aroma tersendiri dan air seduhnya kental. Kopi ini banyak ditanam di perkebunan Basemah, Bandar Pagar Alam. Basemah Farm terletak di dataran tinggi sekitar lereng Gunung Dempo.

2. Kopi Muara Enim Semendo
Jenis kopi Robusta yang paling terkenal di Sumatera Selatan adalah Kopi Semendo Muara Enim. Kopi Semendo memiliki warna yang lebih dalam dan tekstur yang lebih kental dibandingkan kopi yang terdapat di Sumatera Selatan.

Kopi Semendo berasal dari Desa Semende Kabupaten Muara Enim yang merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Sumatera Selatan. Kopi Semendo banyak ditanam dari perkebunan di kawasan pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Selatan. Biji kopi Semendo sudah banyak diseduh di kedai kopi yang ada di Kota Palembang.

3. Kopi Empat Pintu

Pengunjung menikmati sate Padang dengan es kopi di Warung Kopi (Warkop) Nan Yo, di Pondok, Padang, Sumatera Barat, Kamis (5/10/2023).  Warkop legendaris yang didirikan pada tahun 1932 ini menyajikan kopi Robusta yang diseduh ala Hainan dengan cita rasa kedai kuno namun masih sering dikunjungi konsumen segala usia.  ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/tom.Kopi Robusta.. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Kopi Empat Lawang merupakan salah satu jenis kopi Robusta yang lebih dikenal dengan sebutan kopi selangit. Jenis kopi Empat Lawang ini merupakan campuran kopi Arabika dan kopi Robusta. Bentuk aslinya seperti kopi Robusta namun aromanya seperti kopi arabika.

Kopi Robusta Empat Lawang cenderung memiliki varian rasa yang netral dan terkadang memiliki aroma seperti gadun. Kopi ini berasal dari petani kopi di beberapa kecamatan di Kabupaten Empat Lawang seperti kecamatan Ulu Musi, Talang Padang, Pendopo, Kintangkanan, Muara Pinang dan Paiker.

4. Kopi Ranau OKU Selatan
Kopi Ranau sudah dikenal sejak lama, khususnya jenis kopi Robusta. Ada beberapa lokasi penghasil kopi Robusta unggulan yaitu daerah Ranau. Kopi Ranau OKU Selatan dapat ditemukan di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU Selatan yaitu Mekakau Ilir, Kisam Tinggi, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Buay Pemaca, Pulau Beringin.

Kopi Ranau mempunyai cita rasa tersendiri yang unik karena kopi ini masih diolah dengan cara tradisional.

5. Kopi Rawas Musi
Kopi Musi Rawas merupakan jenis kopi Robusta. Nama kopi Rawas memang kalah terkenal dibandingkan Kopi Dempo Pagar Alam atau Kopi Semendo Muara Enim. Kopi Musi Rawas mempunyai aroma seperti coklat dan rempah-rempah dengan rasa sedikit asam.

Kopi ini banyak ditemui di dataran tinggi Kabupaten Musi Rawas. Proses pengolahan kopi Musi Rawas memakan waktu lebih lama karena para petani sudah terbiasa dengan cara-cara lama yang diturunkan dari generasi ke generasi selama puluhan tahun.

Artikel ini telah tayang di detiksumbagsel dengan judul 5 Jenis Kopi Robusta Asal Sumsel, Apa Saja?

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(isak/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *