Lamongan

Di Lamongan terdapat kuliner yang enak dan murah. Hanya dengan Rp 5 ribu saja kamu sudah bisa menyantap lontong kikil yang nikmat dengan pemandangan persawahan yang sejuk.

Lezatnya lontong kikil dipersembahkan oleh Zaenuri atau lebih dikenal dengan Cak Nuri. Sehari-harinya ia nongkrong di pinggir Jalan Kreteranggon Desa, Kecamatan Sambeng, Lamongan.

Warga Kecamatan Mantup mulai membuka warung lontong kikil mulai pukul 12.00 WIB siang hingga sore hari. Ia membukanya di pinggir jalan antara desa yang menghubungkan Kecamatan Mantup dengan Kecamatan Sambeng.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Sebelum berjualan lontong kikil, saya juga berjualan es dan lain-lain. Yang penting berbisnis gan,” kata Cak Nuri saat berbincang dengan detikJatim, Selasa (9/1/2024).

Beberapa lontong kikil di sini harganya hanya Rp 5 ribu. Oleh karena itu banyak pelanggan yang berbondong-bondong ke sana, apalagi suasana pedesaan dengan pemandangan hijau memberikan efek asri.

Cak Nuri sengaja menjual lontong kikil miliknya dengan harga Rp 5 ribu per potong. Karena cocok dengan kantong pelanggan.

“Iya, sekedar untuk menyesuaikan diri dengan masyarakat di sini saja gan,” ucapnya. Walaupun harganya murah, tapi rasa dari lontong kikil ini dijamin enak. Kuah kikil yang terbuat dari rempah-rempah rasanya sangat enak.

Sedangkan kikil alias kaki sapi juga empuk dengan campuran bumbu yang direndam di dalamnya. Saat digigit masih ada sensasi kenyal namun lembut, dengan aroma kuah yang nikmat dan nikmat.

“Rumahnya tidak jauh dari sini, dan terbuka di pinggir jalan seperti ini,” akunya.

Lontong kikil Rp 5 ribu dengan pemandangan persawahan di LamonganLontong kikil Rp 5 ribu dengan pemandangan sawah di Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim

Cak Nuri tidak punya lapak, padahal dia berjualan di pinggir jalan. Ia menggunakan sepeda motornya sebagai alat berjualan lontong kikil. Tak lupa, ia juga membawakan tikar, kursi, dan meja kecil untuk diduduki para pelanggannya sambil menikmati lontong kikil.

“Alhamdulillah lumayan lah mas,” imbuh Cak Nuri saat ditanya penghasilannya.

Meski hanya warung pinggir jalan, lontong kikil Cak Nuri sudah memiliki pelanggan tetap. Ia mengatakan sebagian besar pelanggan lontong kikilnya merupakan warga sekitar Kecamatan Sambeng. Dalam sehari, Nuri bisa mengonsumsi 6 kilogram kikil.

“Pelanggannya hanya warga sekitar Sambeng di sini, seharinya menghabiskan kikil sekitar 6 kilo,” jelasnya.

Salah satu pembelinya adalah Adi Mulyono. Katanya, letaknya yang berada di pinggir jalan membuatnya penasaran dengan lontong kikil milik Cak Nuri. Adi menuturkan, baru pertama kali mencicipi lontong kikil Cak Nuri dan langsung terpana karena rasanya yang lezat.

Saya baru pertama kali ke sini. Saya ingin tahu karena ternyata masih ada lontong kikil yang harganya hanya Rp 5 ribu per potong, murah dan enak, jelas Adi.

Meski hanya Rp 5 ribu, Adi tak menyangka lontong kikil Cak Nuri enak banget. Menurut Adi, kikilnya terasa empuk saat digigit dan direndam dalam bumbu. Bahkan, Adi mengaku akan mengajak teman-temannya makan lontong kikil bersama.

“Awalnya karena penasaran, tapi enak. Besok saya akan ajak teman-teman saya datang ke sini dan membuat cankru di pinggir sawah,” ujarnya lagi.

Tertarik dengan lontong kikil yang harganya hanya Rp 5 ribu ini? Anda bisa mendekat ke warung Cak Nuri yang terletak di pinggir jalan desa di Kampung Kreteranggon, Kecamatan Sambeng, Lamongan. Lokasinya tepat di pinggir jalan dan mudah ditemukan.

Artikel ini telah tayang di detikjatim dengan judul Makan Lontong Kikil Pemandangan Sawah Hanya Rp 5 Ribu di Lamongan, Yuk Mampir!

Menonton video “Nasi Boran Ikan Sili Bumbu Lezat
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *