Jakarta

Banyak bermunculan toko martabak dengan varian kekinian, namun martabak klasik yang legendaris tetap saja diminati. Sudah ada puluhan tahun, berikut rekomendasinya.

Martabak merupakan salah satu jajanan yang mudah didapat di Indonesia. Varian martabak manis paling banyak digemari. Umumnya ditambahkan taburan coklat, keju, kacang-kacangan, biji wijen, dan susu kental manis.

Meski sudah banyak penjual martabak modern, namun warung legendaris tersebut tentu saja tetap diminati. Tak heran jika penjual martabak legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut 5 rank legendaris yang masih eksis:

1. Martabak Encek (1975)

status legendaris selama beberapa dekademartabak legendaris sepuluh tahun Foto: Instagram @jajananbogorbykitcat

Kawasan Suryakencana dikenal sebagai pusat kuliner Bogor. Banyak tempat makan legendaris yang masih eksis hingga saat ini. Seperti Martabak Encek yang selalu menjadi sorotan.

Martabak Encek diketahui berdiri sejak tahun 1975. Setiap hari buka mulai pukul 13.00 WIB. Saat pertama kali dibuka, warung martabak ini terus-menerus diserbu pelanggan. Pantas saja terjual dengan cepat.

Yang istimewa dari Martabak Encek adalah tetap mempertahankan proses pembuatan dan rasanya. Sejak dahulu kala, pemiliknya selalu memanaskan wajan di atas arang. Hal ini membuat aroma dan rasa Martabak Encek menjadi lebih istimewa dan berbeda dengan martabak kedai lainnya.

2. Martabak Bangka Afo (1978)

Martabak Bangka Afo Manis Legit di Bogor Dipanggang Menggunakan ArangMartabak Bangka Afo Manis Legit di Bogor Dipanggang Menggunakan Arang Foto: dok. detikFood

Selain Martabak Encek, Martabak Afo juga melegenda di Bogor. Lokasinya juga di Jalan Suryakencana. Martabak Afo sudah ada sejak tahun 1978.

Penjualnya masih menggunakan mobil dan memasak masih menggunakan kompor arang. Cita rasa klasik ini berhasil memikat selera banyak orang.

Martabak Afo buka mulai jam 4 sore hingga sore hari. Menu yang ditawarkan terdiri dari martabak kosong, keju, dan ditaburi wijen panggang. Dari segi harga, martabak ini dibanderol mulai dari Rp 69.000.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *