semarang

Di Semarang banyak sekali tempat makan nasi goreng babat yang populer. Seperti, Hengky, Karmin, dan Pak Taman. Dari ketiganya, manakah pemenang yang enak?

Nasi goreng babat merupakan makanan khas kota semarang. Berupa nasi goreng campur bumbu cabai merah dan kecap manis, isi daging sapi (babat, iso, paru, limpa) dan daging sapi.

Jika Anda ke Semarang, Anda akan menemukan banyak tempat makan nasi goreng babat. Diantaranya yang populer adalah Nasi Goreng Batat Hengky, Pak Karmin Mberok, dan Pak Taman.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

DetikFood mencicipi tiga nasi goreng babat populer di Semarang dan membandingkan rasa serta ciri khasnya masing-masing.

1. Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Babat HengkyNasi Goreng Babat Hengky dimasak menggunakan kayu bakar. Foto: detikcom

Nasi Goreng Batat Hengky terletak di Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang Barat. Tokonya melegenda karena sudah berdiri sejak tahun 1988.

Saking populernya, kios ini selalu ramai setiap kali dibuka. Sayangnya warung ini suka buka sesuka hati, sehingga banyak wisatawan yang bilang susahnya mendapatkan nasi goreng babat di sini.

Seporsi nasi goreng babat di sini harganya Rp 45.000. Proses memasak nasi gorengnya masih tradisional, karena menggunakan kayu bakar.

Cara memasak ini menjadi ciri khas dan pembeda dengan nasi goreng babat lainnya. Kayu bakar memberikan aroma dan rasa berasap yang nikmat.

Nasi Goreng Babat HengkyNasi Goreng Babat Hengky dibanderol Rp 45.000 per porsi. Foto: detikcom

Nasi goreng babat di sini mempunyai bumbu yang kuat. Perpaduan yang nikmat, sedikit pedas, dan sedikit manis, namun seimbang.

Babatnya juga bersih dan kenyal. Disajikan juga dengan acar timun segar. Selain itu, Anda juga bisa memesan paru goreng seharga Rp 100.000.

Harganya memang mahal, tapi sebanding dengan kualitas rasanya. Paru-paru goreng renyah. Renyah di luar, namun lembut di dalam. Porsinya sangat besar.

Kami juga memesan babat gongso seharga Rp 45.000. Porsinya besar, bumbunya enak, dan aromanya manis sekali. Boothnya sangat sibuk, kami menghabiskan waktu 1 jam.

2. Nasi Goreng Karmin Mberok

Nasi goreng babat di semarangNasi Goreng Babat Karmin Mberok. Foto: detikcom

Nasi Goreng Karmin Mberok juga tak kalah populer di Semarang. Lokasinya di Jalan Pemuda No 2, Dadapsari, Semarang. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1977.

Oleh karena itu reputasinya yang legendaris. Suasana toko saat kami bertemu sedang ramai. Nasi goreng babat di sini dimasak menggunakan kompor.

Satu bagiannya berharga Rp 25.000. Selain babat, nasi goreng juga disajikan dengan telur dadar. Dari segi rasa, nasi goreng babat di sini enak banget dan cenderung manis.

Nasi goreng babat di semarangNasi goreng babat Karmin Mberok menawarkan babat gongso dengan harga Rp 50.000. Foto: detikcom

Namun seimbang jika disantap dengan telur dadar. Bumbu gongsonya kurang kuat. Babatnya lembut dan rasa nasi goreng ini cenderung manis.

Satu porsi babat gongso harganya Rp 50.000. Porsinya besar dan bumbunya banyak. Ada bawang merah yang ditumbuk kasar agar harum.

Menonton video “Bikin Lapar: Nasi Goreng Bang Hengki Asli Enak
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *