Jakarta

Jajanan kaki lima yang terkenal dan legendaris bisa ditemukan dimana-mana. Ada beberapa tips agar jajanan kaki lima semakin nyaman.

Budaya kuliner jalanan telah meresap di berbagai negara termasuk Asia Tenggara yang terkenal dengan budaya street dining-nya sejak lama. Mulai dari Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand hingga Indonesia semuanya memiliki budaya kuliner jalanan yang sangat mirip.

Namun yang jelas menu makanan yang ditawarkan berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia misalnya, jajanan kaki lima bisa ditemukan di setiap kota bahkan di daerah tertentu. Begitu pula dengan jajanan kaki lima yang memang sudah dianggap melegenda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Agar Anda tidak bingung saat menyantap jajanan kaki lima, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat mencari jajanan kaki lima yang legendaris. Berikut lima tipsnya.

1. Temukan informasi tentang warung pinggir jalan yang menjadi sasaran

Mau jajan di PKL legendaris?  Agar nyaman, ikuti 5 tips sederhana berikut iniMau jajan di PKL legendaris? Agar nyaman, ikuti 5 tips sederhana berikut ini. Foto: iStock

Salah satu hal terpenting sebelum memutuskan jajanan kaki lima adalah meneliti makanan dan tempat yang akan Anda tuju. Kini segala informasi mengenai makanan dapat ditemukan di internet.

Apalagi dengan banyaknya food vlogger yang mengunggah berbagai informasi seputar tempat makan di Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube. Dengan mencari informasi melalui internet, masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai jajanan kaki lima yang akan mereka datangi.

Mulai dari alamat detail lokasi, jam operasional, harga makanan yang ditawarkan. Untuk warung pinggir jalan yang sudah melegenda dan ramai pelanggan, cari tahu waktu terbaik untuk makan di sana agar tidak terjebak antrean.

2. Pilih Tempat Makan Trotoar yang Ramai

Makanan Jalanan 101;  Nasi Uduk Aquarius 94, warung Nasi Uduk legendaris di Taman Sunter IndahKios-kios pinggir jalan sedang sibuk. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Jika Anda datang ke tempat kuliner yang berisi puluhan lapak tenda dan gerobak makanan, cara ini bisa diterapkan. Indikasi enak atau tidaknya suatu makanan dapat dilihat dari banyaknya pengunjung.

Jika Anda bingung ingin mencoba jajanan kaki lima yang mana, pilihlah tempat tersibuk dengan antrian paling banyak. Karena saya yakin makanan disana lebih enak dibandingkan tempat makan lainnya.

Apalagi jika sebuah tempat jajanan kaki lima sudah menyandang predikat legenda, cita rasa yang ditawarkan biasanya lebih terjamin.

3. Pilih penjual yang bersih

Mau jajan di PKL legendaris?  Agar nyaman, ikuti 5 tips sederhana berikut iniMau jajan di PKL legendaris? Biar nyaman, lakukan 5 tips sederhana berikut ini Foto: detikFood

Kebersihan menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh para penjual makanan. Jika ada beberapa pilihan PKL atau gerobak, pilihlah yang bersih, baik dari penjualnya maupun dari gerobaknya.

Kehadiran lalat merupakan hal yang lumrah, apalagi jika Anda makan di pedagang kaki lima yang buka, namun tetap menjaga kebersihan tempat penyimpanan dan pengolahan makanan. Begitu juga dengan alat untuk mengolahnya.

Menonton video “ Bikin Lapar: Rela Antri untuk Berburu Roti Harimau Bandung yang Viral
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *