Jakarta

Pria ini berbagi perjalanan dietnya yang penuh perjuangan. Ia rela tidak makan nasi selama 13 tahun. Inilah ceritanya!

Bicara soal penurunan berat badan, setiap orang punya perjalanannya masing-masing. Cara pemberian nutrisi yang digunakan juga disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing individu.

Namun yang pasti pola makan menjadi hal yang perlu diperhatikan saat berdiet. Mengelola gizi juga menjadi tantangan tersendiri, seperti yang dialami laki-laki di Malaysia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melalui video TikToknya, pria bernama Anizan Mohd Nor menceritakan perjalanan dietnya. Katanya, berat badannya terus bertambah setelah menikah.

Pria yang diet, tidak makan nasi selama 13 tahunPria yang diet, tidak makan nasi selama 13 tahun Foto: TikTok/mStar Online

“Setelah beberapa tahun menikah, saya merasa berat badan saya semakin bertambah. Saya membeli baju hingga ukuran XXXL, karena berat badan saya sebelumnya 93 kg,” ujarnya, dilansir mStar (09/01/24).

Diakuinya, porsi makannya selalu besar. Apalagi masakan istrinya enak. Menurutnya, tidak sah jika tidak menambahkan nasi.

“Itulah yang membuat saya memutuskan untuk berhenti makan nasi. Saya mulai berhenti sejak 2010. Dia tidak makan nasi meski saat Idul Fitri,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Izan ini mengatakan, tidak mudah makan tanpa nasi. Awalnya ia mengalami stres bahkan berkonsultasi ke psikolog.

Pria yang diet, tidak makan nasi selama 13 tahunPria yang diet, tidak makan nasi selama 13 tahun Foto: TikTok/mStar Online

Dia juga merasakan sakit fisik. Namun, ia berhasil melewati masa-masa sulit tersebut. Menurutnya, kunci sukses saat berdiet adalah konsistensi.

Alih-alih nasi, ia mengonsumsi karbohidrat dengan mengonsumsi roti, mie, dan sereal. Ia pun menyeimbangkannya dengan rutin berolahraga.

Kini berat badannya dianggap ideal. Bahkan, ia kerap mendapatkan medali dari lomba maraton yang diikutinya. Setelah 13 tahun, dia kembali makan nasi.

“Saya memutuskan makan nasi karena ingin mendaki gunung di luar negeri pada Agustus mendatang,” kata Izan. Meski begitu, ia tetap mengontrol porsi nasi yang dimakannya agar tidak berlebihan.

Menonton video “Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tak Bikin Bosan
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *