Jakarta

Tuna di Jepang adalah makanan yang populer. Tak heran jika restoran ini rela membeli ikan tuna senilai puluhan miliar rupiah untuk dihidangkan kepada pengunjung.

Jepang terkenal dengan olahan makanan lautnya yang segar dan terkenal di dunia. Misalnya saja sushi dan sashimi yang sudah menjadi makanan populer di berbagai negara.

Baru-baru ini sebuah restoran sushi di Tokyo bernama Ginza Onodera Sushi berhasil menarik perhatian setelah membeli ikan di pasar lelang. Laporan dari Sora News 24 (10/01), setiap tahunnya pasar ikan tradisional di Tokyo yaitu Pasar Ikan Toyosu mengadakan pelelangan ikan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satu ikan yang dilelang untuk harga pangan adalah Oma Bluefin Tuna. Ikan ini terkenal dengan kandungan lemaknya yang tinggi dan proses pemanenannya yang cukup sulit, oleh karena itu harga ikan tuna sirip biru ini dilelang dan biasanya dijual dengan harga milyaran rupiah.

Dingin! Restoran di Tokyo ini membeli tuna seharga Rp 12,2 miliar untuk hidangan spesialDingin! Restoran di Tokyo ini membeli tuna seharga Rp 12,2 miliar untuk hidangan spesial. Foto: Halaman Berita

Yang spesial tahun ini adalah Tuna Sirip Biru Oma yang ditangkap seberat 238 kg. Ikan ini ditangkap di perairan deras dekat kota Oma, Prefektur Aomori.

Karena arus air yang relatif kuat dan ombak yang tinggi, maka diperlukan keahlian khusus dari masyarakat yang akan menangkap ikan khusus ini.

Tahun ini, Onodera Sushi Restaurant Group sukses memenangkan lelang tuna sirip biru senilai 114,2 juta yen atau setara Rp 12,2 miliar. Ikan sirip biru ini nantinya akan disajikan sebagai menu bagi pengunjung restoran yang beruntung.

Karena terbatasnya jumlah daging, tidak semua pengunjung bisa mencicipi ikan tuna yang bernilai puluhan miliar rupiah. Selain menjadi menu di restorannya, Onodera Group juga membagikan sebagian daging tuna kepada penghuni panti jompo.

Dingin! Restoran di Tokyo ini membeli tuna seharga Rp 12,2 miliar untuk hidangan spesialDingin! Restoran di Tokyo ini membeli tuna seharga Rp 12,2 miliar untuk hidangan spesial. Foto: Halaman Berita

Sedangkan bagian lainnya akan dilelang lagi untuk dijadikan bekal makan siang di beberapa sekolah. Tak hanya mendonasikan sebagian besar daging tuna, Grup Onodera berjanji akan mendonasikan sebagian keuntungan penjualan daging tuna di restoran mereka kepada para korban gempa Noto di Prefektur Toyama.

Ini bukan kali pertama Onodera Group membeli tuna sirip biru seharga miliaran rupiah. Pada awal Januari 2023, restoran Onodera juga membeli ikan oma sirip biru seharga 36 juta yen (Rp 4,2 miliar) untuk disajikan di restorannya.

Sebelumnya, harga mahal ikan tuna sirip biru yang dijual di lelang kerap menarik perhatian. Tahun 2019, Pasar Toyosu menjual 278 kilogram tuna sirip biru seharga Rp 43 miliar!

Menonton video “Bikin Lapar: Ikan Tuna Unik ala Manado dengan Saus Kelapa Muda
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *