Jakarta

Warung seafood tenda pinggir jalan banyak ditemui di Jakarta. Bahkan ada warung seafood pinggir jalan yang bertahan puluhan tahun. Berikut rekomendasinya!

Selain sate, bakso, dan martabak, street seafood juga menjadi pilihan banyak orang jika ingin makan enak namun dengan harga terjangkau. Dibandingkan dengan restoran street seafood, street food tent seafood menawarkan harga yang relatif murah.

Cita rasa makanan dan seafood mampu bersaing dengan seafood yang ada di restoran. Tak heran jika banyak street seafood yang sudah puluhan tahun dijual dan kini menyandang predikat legenda.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di Jakarta sendiri banyak terdapat tempat makan street seafood yang terbilang legendaris. Meski hanya memiliki emperan dan tenda sederhana, semua seafood di sini dijamin enak dan segar.

Berikut lima rekomendasi warung street seafood legendaris di Jakarta dengan harga pantas.

1. Makanan Laut Ade Fani 67

5 Warung Seafood Street Tent Ini Sudah Sukses Selama Puluhan Tahun5 Warung Seafood Street Tent Ini Sudah Bertahan Puluhan Tahun Foto: detikFood.

Warga Jakarta Selatan yang tinggal di kawasan Manggarai dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan warung pinggir jalan seafood yang buka dari siang hingga dini hari. Restoran seafood ini sudah berdiri selama 20 tahun.

Kemudian kembali viral setelah diliput oleh banyak food vlogger dan muncul di akun TikTok. Lokasi di depan Bengkel Kereta Sinar Baru di Jalan Minangkabau Timur, Manggarai. Warung seafood tenda yang terkenal ini menyajikan berbagai hidangan seafood segar, termasuk nasi uduk.

Menu seafoodnya antara lain ikan kelinci, ikan pom pom, kue, dan ikan gurame. Tersedia juga cumi, udang, kerang, dan kepiting.

Pilihan sambalnya pun tak berbeda dengan warung seafood lainnya. Ada saus asam manis, mentega, saus Padang, saus tiram, lada hitam, dan cah tauco. Sebagian besar seafood sudah matang sehingga waktu penyajiannya lebih singkat. Kisaran harga makanannya juga masih terjangkau, mulai dari Rp 26.000 saja.

2. Makanan Laut 68 Santa

5 Warung Seafood Street Tent Ini Sudah Sukses Selama Puluhan Tahun5 Warung Makanan Laut Tenda Jalanan Ini Telah Bertahan Selama Puluhan Tahun Foto: Situs Kuliner

Seafood 68 Santa merupakan tempat makan murah nan ceria untuk anak-anak Jakarta Selatan yang mendambakan seafood enak namun murah. Letaknya dekat Pasar Santa, tak jauh dari Senopati yang kini menjadi tempat nongkrong anak-anak Jakarta Selatan. Seafood street food yang legendaris ini sepertinya sudah dijual sejak tahun 1980-an atau sekitar 44 tahun yang lalu.

Meski dekat dengan kawasan Senopati, warung seafood ini tetap terjangkau dan bergaya jalanan. Warung tenda khusus menu seafood ini mulai melayani pelanggan mulai siang hari. Sesuai dengan namanya, warung ini terletak di kawasan Santa, Jakarta Selatan.

Menu andalan di warung tenda ini banyak sekali. Mulai dari kerang rebus, cumi asam manis, udang goreng tepung hingga sambal kepiting Padang. Sebagai pelengkapnya ada kangkung yang segar dan renyah. Harga mulai dari Rp 25 ribu saja.

3. Makanan Laut 94 Mulyono

5 Warung Seafood Street Tent Ini Sudah Sukses Selama Puluhan Tahun5 Warung Makanan Laut Tenda Jalanan Ini Telah Bertahan Selama Puluhan Tahun Foto: Situs Kuliner

Di kawasan Pademangan terdapat restoran street seafood yang selalu ramai dikunjungi pada malam hari. Namanya Seafood 94 Mulyono atau dikenal juga dengan Seafood Kalimati. Letaknya di pinggir jalan dengan tenda besar dan konon sudah terjual lebih dari 20 tahun.

Meski berkonsep street food, banyak pelanggan setia yang setuju bahwa semua hidangan seafood di sini memiliki cita rasa bintang lima. Kalau kesini harus antri karena pengunjungnya banyak.

Menu yang ditawarkan cukup beragam. Misalnya berbagai jenis ikan, mulai dari bawal, kuwe, gurami, baronang, kerapu, kakap, semuanya bisa dibakar atau ditumis dengan sambal padang.

Ada juga menu kerang, kepiting, udang, dan cumi yang wajib dipesan. Kisaran harganya mulai dari Rp 25.000 saja.

Menonton video “Coastal Seafood Menawarkan Beragam Menu Seafood Cita Rasa Nusantara
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *