Jakarta

Banyak orang menyukai aroma dan rasa kopi. Tak hanya sebagai minuman pelengkap sarapan, banyak orang yang terlalu banyak meminum kopi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

Meski banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping kesehatan yang serius.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan meminum secangkir kopi di pagi hari. Mulai dari membuat tubuh lebih berenergi, membantu membakar lemak, hingga meningkatkan fungsi otak.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tapi sama seperti makanan dan minuman lainnya. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik bagi tubuh. Baru-baru ini ada penelitian yang menjelaskan bahaya minum kopi terlalu banyak.

Mulai dari efek samping seperti insomnia, rasa cemas berlebihan hingga gastroesophageal reflux (GERD) atau asam lambung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut efek samping dan anjuran minum kopi sehat agar tidak berlebihan.

1. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Jangan terbawa suasana, kebiasaan minum kopi terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatanJangan terbawa suasana, kebiasaan minum kopi terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan Foto: iStock Ilustrasi

Bagi mereka yang cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya asupan kopi dibatasi. Menurut situs The Healthy, kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol

Kopi mengandung cafestol dan kahweol, minyak yang meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Banyak ahli berpendapat bahwa kopi tanpa filter dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Sebaliknya, kopi yang disaring lebih aman. Beberapa ahli pun merekomendasikan kopi instan berkualitas, bahkan espresso bagi pecinta kopi yang memiliki masalah kolesterol.

2. Risiko terkena GERD

Ilustrasi maag atau GERDIlustrasi sakit maag atau GERD Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Refluks gastroesofageal atau GERD, merupakan penyakit asam lambung yang bisa menyerang siapa saja. Salah satu gejala yang paling umum adalah nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan sekitar ulu hati.

Meski pada kondisi tertentu, penderita GERD akan kesulitan menelan makanan serta mengalami batuk dan sesak napas.

Menurut penelitian JAMA Intern Med, peneliti disana menjelaskan bahwa konsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena GERD.

3. Efek samping terlalu banyak minum kopi

Jangan terbawa suasana, kebiasaan minum kopi terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatanJangan terbawa suasana, kebiasaan minum kopi terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan Foto: iStock Ilustrasi

Minum kopi di pagi hari sebenarnya tidak berbahaya. Namun menurut penelitian terbaru yang diterbitkan JAMA, mereka menemukan bahwa kebiasaan minum kopi lebih dari dua cangkir sehari dapat menimbulkan efek samping.

Apalagi jika masyarakat mempunyai kebiasaan meminum kopi bersamaan dengan minuman lainnya. Seperti minum kopi, teh, dan soda di hari yang sama. Efeknya tidak langsung terlihat, namun bisa meningkatkan risiko asam lambung dan mulas.

Sakit maag sendiri merupakan suatu kondisi pada tubuh dimana muncul rasa nyeri dan panas pada bagian dada. Sakit maag sendiri muncul setelah asam lambung naik dari lambung menuju kerongkongan (kerongkongan).

Menonton video “Uni Emirat Arab Akan Membuka Penyulingan Alkohol Legal Pertama
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *