Jakarta

China tidak hanya terkenal dengan nikmatnya teh dan makanan pedasnya. Masih ada masakan yang lebih spesial dan unik di sana seperti Telur Harimau. Apa istimewanya itu?

China identik dengan makanan lezat dan pedas. Ternyata, negeri tirai bambu ini punya kuliner tradisional lain yang lebih unik dari itu.

Salah satu yang belum banyak diketahui orang adalah Telur Harimau. Telur harimau sebenarnya bukanlah telur yang dihasilkan harimau. Hidangan ini terdiri dari telur dengan kulit yang renyah dan warna coklat keemasan. Sebenarnya telur ini dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum digoreng.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Telur harimau juga bisa dipadukan dengan berbagai bumbu masakan. Menjadikannya pilihan makanan yang sebenarnya populer dalam masakan Cina. Namun, sepertinya belum banyak orang yang mengetahui lebih banyak tentang Telur Harimau.

Ingin tahu tentang telur rebus goreng ini, simak penjelasannya seperti dirangkum dari thedailymeal.com (16/12/2023).

1. Sejarah Telur Harimau

terhitungTelur harimau atau telur rebus goreng sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Foto: Shutterstock/

Telur rebus goreng telah menjadi hal biasa di banyak budaya selain Tiongkok. Misalnya saja seperti resep makanan di Mesir yang juga memadukan telur rebus goreng yang disajikan secara tumis dengan berbagai jenis sayuran. Resep ini membutuhkan telur yang digoreng dengan ghee atau mentega cair. Ghee juga digunakan sebagai pengganti minyak biasa.

Di China sendiri, resep telur macan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Resep ini berasal dari Dinasti Ming yang memerintah Tiongkok sekitar tahun 1368 hingga 1644.

Asal muasal telur macan belum diketahui secara pasti karena juru masak yang menciptakannya telah hilang dalam catatan zaman. Namun, yang diketahui adalah Zhu Yuanzhang, kaisar pertama Dinasti Ming, adalah penggemar berat penemuan ini. Dia bertugas di kerajaan tersebut dari tahun 1328 hingga 1398 dan mungkin telah membantu mempopulerkan resep tersebut di negaranya.

Meskipun masakan Cina sangat populer di dunia khususnya Amerika, namun telur macan merupakan makanan yang relatif belum dikenal dan masih menjadi salah satu masakan tradisional yang hanya dikenal di tanah air.

Namun kemajuan teknologi dan media sosial telah membantu meningkatkan popularitas telur harimau. Telur ini telah menyebar di platform berita dan media sosial. Telur ini juga dikenal sebagai masakan yang lezat.

Bahkan, beberapa orang di media sosial juga membagikan resep khas mereka dalam membuat dan menikmati telur harimau. Salah satu kreasi yang populer adalah kombinasi telur harimau dan soda.

2. Proses memasak telur harimau

terhitungTelur harimau juga bisa dimasak dengan bumbu apa saja. Namun pada dasarnya telur harimau direbus lalu digoreng. Foto: Shutterstock/

Sebelum membuat telur harimau dengan soda, telur-telur ini hanya diproses dalam dua langkah. Langkah pertama adalah merebus telur.

Seperti telur rebus pada umumnya, Anda hanya perlu memasukkan telur ke dalam air mendidih, lalu tunggu hingga matang, sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Lalu, kupas kulit telurnya.

Setelah bersih dari cangkangnya, lanjutkan ke langkah kedua. Siapkan wajan dengan minyak dan api besar, lalu masukkan telur dan goreng hingga renyah. Bisa pakai wajan atau panci kecil juga.

Memasak telur macan sebenarnya mudah, namun bisa menjadi rumit jika tekstur telur gorengnya kurang sempurna. Tentu Anda ingin mendapatkan tekstur renyah yang enak pada bagian luar cangkang telurnya.

Untuk mendapatkan tekstur tersebut, Anda harus berhati-hati saat menggoreng karena telur bisa cepat gosong. Cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang sempurna adalah dengan rutin membalik telur di dalam wajan agar tidak mudah gosong.

Kreasi unik telur harimau bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Bikin Lapar: Kebab Telur Bebek yang Viral, Bagaimana Rasanya?
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *