Jakarta

Kulkas tidak selalu menjadi solusi untuk menyimpan makanan. Seperti beberapa jenis buah, buah ternyata bisa rusak jika disimpan di lemari es.

Dengan suhu yang dingin, lemari es kerap diandalkan untuk menyimpan makanan dan minuman. Mulai dari sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, daging, makanan beku, dll.

Suhu dingin ini dapat membuat makanan menjadi segar dan tahan lebih lama. Namun, tidak semua jenis makanan bisa disimpan di lemari es.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pasalnya, ada beberapa jenis buah yang justru bisa rusak jika disimpan di lemari es. Kerusakannya tidak hanya bersifat fisik, namun juga gizi di dalamnya.

Dikutip dari India TV News (18/11/23) berikut 5 buah yang akan busuk jika disimpan di lemari es.

1. Pisang

5 Manfaat Pisang untuk KesehatanPisang merupakan buah yang berisiko jika disimpan di lemari es. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Pisang merupakan buah yang berisiko jika disimpan di lemari es. Pasalnya pisang akan cepat menghitam pada kulit dan dagingnya.

Kondisi ini disebabkan oleh gas etilen yang keluar dari batang pisang. Gas inilah yang kemudian membuat pisang menjadi cepat matang.

Pematangan tidak hanya terjadi pada pisang itu sendiri, tetapi juga pada jenis buah lain yang disimpan di dekatnya. Oleh karena itu, pisahkan buah pisang dengan jenis buah lainnya.

2. Semangka

Semangka berukuran besar sehingga sulit untuk dimakan sekaligus. Itu sebabnya banyak orang menyimpan semangka di lemari es setelah dipotong.

Tapi sungguh, menyimpan semangka di lemari es adalah cara yang salah. Semangka mengandung antioksidan yang dapat rusak jika disimpan di lemari es.

Sebaiknya simpan semangka sebelum dipotong dan sebelum dimakan. Sehingga rasa segarnya bisa dinikmati.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *