Jakarta

Kombinasi makanan bisa lebih bergizi dibandingkan hanya mengonsumsi satu makanan. Seperti kombinasi makanan sehat ini untuk memaksimalkan manfaat nutrisi.

Setiap orang disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Setiap makanan sehat memiliki kandungan nutrisinya masing-masing.

Tidak ada makanan yang nutrisinya sempurna. Oleh karena itu, makanan perlu dipadukan atau dipadukan untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sebuah penelitian menyarankan untuk menggabungkan 2 jenis makanan bergizi untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Manfaatnya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Ahli gizi Apurwa Agarwal memposting di akun Instagramnya makanan yang sebaiknya dimakan bersama untuk meningkatkan manfaat kesehatannya. Melansir indianaexpress.com (14/01), berikut daftar kombinasi makanan yang cocok dipadukan.

1. Tomat dan alpukat

Resep Crostini Alpukat dan TomatTomat dan alpukat merupakan kombinasi sempurna antara makanan sehat karena dapat menjadi pembangkit nutrisi. Foto: iStock

Menggabungkan tomat dan alpukat tidak hanya memberikan rasa yang lebih enak tetapi juga bisa menjadi pembangkit nutrisi.

Menurut Dr. Menurut Agarwal, lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membuat likopen pelawan kanker dalam tomat empat kali lebih kuat.

Tomat juga mengandung potasium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Bahan ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang baik untuk kesehatan mata.

Sementara itu, alpukat juga memiliki mineral yang bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi. Alpukat memiliki mineral, protein, serat dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

Kombinasi ini tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga memaksimalkan ketersediaan hayati kedua nutrisi utama tersebut.

Tomat dan alpukat merupakan dua 'makanan super' yang kaya nutrisi. Tomat dan alpukat bisa dipadukan sebagai bahan salad atau isian sandwich.

2. Apel dan coklat hitam

Tipe kepribadian berdasarkan apel, pisang, dan nanas.Apel juga bisa dipadukan dengan dark chocolate leleh untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. Foto: iStock

Apel dan coklat hitam memang terlihat menggugah selera. Kabar baiknya, kombinasi ini juga dapat berkontribusi pada pola makan yang sehat.

Ahli gizi Agarwal mengungkapkan bahwa antiperadangan yang penting untuk kesehatan jantung terdapat pada apel. Antioksidan dalam coklat hitam juga mampu melawan pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Apel sendiri mempunyai manfaat dalam menstabilkan gula darah dalam tubuh. Buah asam segar ini dapat membantu mencegah diabetes.

Sedangkan dark chocolate mengandung nutrisi seperti magnesium, serat, zat besi, mangan, potasium dan mineral lainnya. Mengonsumsi dark chocolate juga dapat memenuhi asupan lemak yang dibutuhkan tubuh.

Jika ingin memadukan keduanya, sebaiknya lelehkan dark chocolate terlebih dahulu. Lalu lumuri irisan apel dengan dark chocolate seperti saus.

Namun, Anda perlu memperhatikan ukuran porsi dan memilih dark chocolate yang berkualitas. Kandungan kakao minimal 70% untuk nutrisi maksimal.

3. Lemon dan teh hijau

Campurkan teh hijau dengan jahe, lemon dan maduLemon dan teh hijau merupakan kombinasi yang baik karena mengandung antioksidan dan vitamin tingkat tinggi. Foto: iStock

Menambahkan sedikit lemon pada teh hijau tidak hanya menambah kesegaran, tapi juga memberikan manfaat baik.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang terkenal dengan kandungan antioksidannya. Kandungan ini bisa bertambah jika dipadukan dengan lemon.

Sedangkan vitamin C pada lemon mampu menstabilkan katekin pada teh hijau. Mencegah kerusakannya dan meningkatkan kekuatan antioksidan secara keseluruhan.

Katekin dalam teh hijau juga berperan penting dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, teh hijau bisa memberikan manfaat lain.

Vitamin C pada lemon juga mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Ketika tubuh dalam kondisi optimal, maka tubuh tentu terlindungi dari penyakit.

Kombinasi makanan sehat lainnya dapat dilihat di halaman berikutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *