Jakarta

Kopi cold brew sangat cocok untuk diseruput untuk menyegarkan tubuh dan melepas dahaga. Untuk lebih mengenal kopi cold brew, simak 5 fakta menariknya.

Es kopi yang nikmat selalu menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan tubuh. Selain dengan bahan es kopi susu, ada juga kopi cold brew yang diseduh perlahan dengan suhu dingin.

Kopi cold brew pada dasarnya adalah kopi dingin yang siap ditambah berbagai bahan lainnya. Misalnya saja memberi rasa pada susu, krim atau buah agar terasa menyegarkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun sebelum menikmati kopi segar ini, ada baiknya mengetahui fakta menarik di baliknya. Ramuan es kopi ini juga bisa dengan mudah dibuat di rumah.

Baca juga: Seru! Penghuni kos-kosan laki-laki kerap memasak untuk makan bersama

Berikut 5 fakta minuman dingin menurut Serious Eats:

5 Fakta Cold Brew Coffee, Kopi Cold Brew Tahan Lama di KulkasCold Brew adalah kopi yang diseduh dengan air dingin dan diseduh dalam waktu lama. Foto: Getty Images/iStockphoto/DIPA

1. Arti minuman dingin

Seperti namanya, minuman dingin diseduh dengan suhu dingin. Jangan gunakan air panas atau suhu panas sama sekali untuk membuat kopi cold brew.

Berbeda dengan kopi panas, kopi cold brew tidak bisa langsung dinikmati. Dibutuhkan waktu 12-14 jam untuk mengekstraksi biji kopi menggunakan air dingin hingga rasanya optimal.

Dalam riset National Coffee Association tahun 2019, sebanyak 80% responden mengetahui kehadiran menu minuman dingin di kafe. Sayangnya, hanya 20% yang mengaku lebih sering memesan kopi cold brew dibandingkan es kopi racikan biasa.

2. Kandungan kafein

Ternyata melalui proses penyeduhan yang berbeda, minuman dingin juga memiliki kandungan yang berbeda dengan kopi panas. Kopi dingin dikatakan memiliki kandungan kafein lebih tinggi dibandingkan kopi yang diseduh dengan air panas.

Penyebabnya karena jumlah kopi yang digunakan pada minuman dingin lebih banyak dibandingkan kopi panas. Untuk membuat secangkir kopi panas Anda hanya membutuhkan 14-18 gram bubuk kopi.

Sedangkan untuk membuat cold brew dengan takaran 2 liter, dibutuhkan bubuk kopi sebanyak 340 gram. Artinya jika 2 liter bisa disajikan untuk 8 cangkir maka ada 30 gram bubuk kopi untuk membuat secangkir minuman dingin sehingga kandungan kafeinnya jauh lebih tinggi.

Fakta minuman dingin lainnya ada di halaman selanjutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *