Jakarta

Oven pemanggang roti atau oven kecil paling sering digunakan untuk memanggang roti. Ternyata tidak semua makanan cocok untuk dipanggang di oven ini. Suka 5 makanan ini.

Oven Pemanggang Roti merupakan alat memanggang yang lebih praktis dan terjangkau dibandingkan membeli oven berukuran besar. Oven pemanggang roti berukuran kecil atau oven listrik ini biasanya digunakan untuk memanggang roti atau menghangatkan makanan. Keunggulannya, oven berukuran kecil ini umumnya dapat memanaskan makanan lebih cepat dibandingkan oven biasa.

Hanya saja kapasitasnya lebih kecil. Oleh karena itu, tidak semua makanan bisa dimasukkan ke dalam oven ini. Mendekatkan elemen pemanas oven ke makanan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seluruh oven bisa menjadi sangat panas saat digunakan. Artinya lebih mudah menimbulkan risiko kebakaran. Untuk mengurangi risikonya, Anda perlu memilih wadah yang tepat dan mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari.

Besar kecilnya ukuran oven pasti mempengaruhi makanan yang boleh atau tidak boleh masuk ke dalamnya.

Sebaiknya hindari memasak 5 makanan ini di oven pemanggang roti, seperti dilansir mashed.com (16/01),

1. Makanan yang mengeluarkan minyak berlebih

Jika Anda tidak makan terlalu banyak, berikut 5 manfaat sehat makan kentang gorengKentang goreng, pizza, atau makanan yang terlalu berminyak tidak boleh dimasak dalam oven pemanggang roti. Foto: Getty Images/Rafa Jodar

Oven kecil ini bagus untuk memanaskan kentang goreng atau pizza dalam waktu singkat. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan makanan ini.

Makanan apa pun yang dapat meneteskan lemak atau memercikkan minyak dapat menimbulkan risiko kebakaran. Jika oli mengenai elemen pemanas, dapat menyebabkan kebakaran dan menimbulkan kekacauan besar yang sulit dibersihkan.

Makanan berminyak yang ingin dipanaskan sebaiknya dibungkus dengan alumunium foil terlebih dahulu. Taruh saja di piring.

Salah satu contoh yang harus dihindari adalah memanaskan kembali pizza. Pizza seringkali mengandung banyak minyak atau lemak.

Jika Anda memasak pizza di oven pemanggang roti, sebaiknya letakkan di atas loyang, bukan langsung di rak logam.

Letakkan di bagian bawah untuk memastikan ada banyak ruang antara kuningan dan elemen pemanas di bagian atas.

2. Makanan dalam bentuk cair

Ilustrasi sup beningMakanan cair seperti sup juga sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam oven. Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Oven pemanggang roti cenderung kecil dan ringan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memanaskan cairan karena dapat menjadi berantakan.

Jika Anda memasak sesuatu yang mengandung banyak cairan, gerakan sekecil apa pun dapat menyebabkan cairan tumpah keluar dari wadah dan masuk ke dalam oven.

Anda sebaiknya menghindari memasak hidangan yang sangat cair, misalnya sup. Jika tetap ingin memanaskan cairan, pastikan menggunakan wadah dengan sisi yang tinggi agar tidak mudah meluap.

3. Makanan siap disantap

Jangan masukkan 5 wadah makanan ini ke dalam oven microwaveMakanan siap saji yang hanya perlu dipanaskan di oven microwave belum tentu aman untuk dipanaskan di oven pemanggang roti. Foto: Getty Images

Makanan siap saji banyak diminati karena hanya perlu dipanaskan di microwave atau oven.

Namun perlu diingat, oven microwave dan oven adalah dua hal yang berbeda. Sementara itu, sebagian besar perusahaan memproduksi makanan yang dimasak khusus di oven microwave saja.

Oleh karena itu, jangan memanaskan makanan siap saji ini di dalam oven pemanggang roti karena mungkin tidak akan berfungsi. Beberapa makanan mungkin kurang matang dan tidak aman untuk dimakan.

Ketahui juga fungsi oven. Meskipun gelombang mikro bagus untuk memanaskan kembali makanan seperti sup, oven tidak.

Ingat, oven pemanggang roti lebih baik digunakan untuk memasak makanan dengan kadar air lebih rendah dibandingkan makanan dengan kadar air lebih tinggi.

Jenis makanan lain yang tidak bisa dimasukkan ke dalam oven kecil ada di halaman berikutnya!

Menonton video “Penutupan toko Starbucks di Israel tidak bermotif politik
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *