Jakarta

Es kopi susu kini menjadi minuman yang digemari. Rasanya sejuk, manis dan creamy. Namun ada beberapa hal yang bisa membuat kopi susu tidak halal.

Kopi merupakan minuman yang populer dan sudah menjadi gaya hidup. Tak hanya kopi hitam biasa, es kopi dengan racikan nikmat pun menjadi yang paling digemari dalam beberapa tahun terakhir.

Variasi es kopinya juga banyak, disusul dengan banyaknya bermunculan kafe-kafe modern. Yang paling populer adalah es kopi dengan susu. Rasa creamy yang dipadukan dengan pahitnya kopi ini memuaskan selera banyak orang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kedai kopi es susu kekinian yang bersertifikat halal juga cukup banyak di Indonesia. Diantaranya adalah Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Fore Coffee, Flash Coffee, Kopi Janji Jiwa, Point Coffee, Family Mart, Lawson Coffee, Kopi Lain Hati, dan J.Co.

Masih banyak kafe atau kedai kopi yang belum mendapatkan sertifikat halal. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan titik kritis dari es kopi racikan halal.

Berikut 3 hal yang menyebabkan es kopi susu tidak halal, seperti dilansir HalalSumut:

1. Biji Kopi

Giling biji kopiproses pemanggangan kopi Foto: Getty Images/PeopleImages

Biji kopi yang umumnya digunakan untuk membuat es kopi susu yang populer di Indonesia adalah Arabika. Arabika rasanya lebih asam dibandingkan Robusta yang lebih pahit. Namun rasa asam ini bisa seimbang jika dipadukan dengan susu.

Proses pemanggangan biji kopi merupakan titik kritis kopi halal. Terkadang saat memanggang biji kopi, ditambahkan bahan lain, seperti mentega. Mentega ini harus terbuat dari produk hewani yang berasal dari hewan halal.

Pemanggang biji kopi juga harus diperhatikan. Pastikan bebas dari kontaminasi bahan tidak halal dan najis.

2. Krimer dan Susu

Krimer dan susu juga menjadi bahan utama dalam es kopi. Keduanya bisa membuat kopi terasa lebih creamy dan milky.

Bahan utama pembuat krimer adalah tumbuhan yaitu jagung atau minyak kelapa. Kemudian, susu juga berasal dari produk hewani sapi atau susu nabati. Bahan-bahan tersebut jelas halal jika tidak ada ekstrak dari bahan lain.

Menonton video “Uni Emirat Arab Akan Membuka Penyulingan Alkohol Legal Pertama
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *