Jakarta

Jika kadar kolesterol meningkat tidak perlu diobati dengan obat-obatan. Ada cara yang lebih alami, yaitu dengan memperbanyak makan buah untuk menurunkan kolesterol.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kolesterol darah naik, antara lain gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat. Kadar kolesterol memerlukan perhatian khusus karena merupakan penyebab penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Ternyata banyak buah-buahan segar yang enak dan mudah didapat memiliki nutrisi yang bisa menjadi cara alami menurunkan kadar kolesterol darah. Berikut daftarnya:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Jeruk

Ilustrasi oranyeJeruk secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Jus jeruk secara khusus diteliti dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk dan menurunkan kadar kolesterol total dan LDL secara signifikan. Setelah mengonsumsi jus jeruk, pria memiliki risiko konsentrasi HDL 23 persen lebih rendah, dibandingkan tidak meminumnya.

“Satu porsi jus jeruk bisa menjadi salah satu hal paling positif yang dapat dilakukan untuk mendukung kadar kolesterol sehat,” kata Lauren Manaker, penulis Buku Masak Kehamilan Ibu Pertama Kali dan Menghasilkan Kesuburan Pria.

Tentu yang salah adalah mengonsumsi jus jeruk segar alami tanpa tambahan gula atau madu. Bukan jus jeruk kemasan.

2. Semangka

Ilustrasi semangkaSemangka secara alami mengandung likopen untuk melawan radikal bebas. Foto: Getty Images/skodonnell

Semangka secara alami mengandung likopen, suatu karotenoid yang terbukti mengandung radikal bebas, sehingga dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol. Semangka tidak hanya mengandung banyak air tetapi juga membantu menurunkan kolesterol.

Semangka adalah buah populer yang merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurun kolesterol, kata Manaker.

3. Banding

Tipe kepribadian berdasarkan apel, pisang, dan nanas.Mengonsumsi buah apel dapat membantu mengatasi masalah kolesterol dan memperbaiki sistem pencernaan. Foto: iStock

Apel sangat tinggi kandungan pektin, yaitu serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan. Kolesterol ini akan dibawa ke hati untuk dibuang, kata Morgyn Clair, penulis Fit Healthy Momma, dikutip dari Eat This.

4. buah beri

Mangkuk putih berisi buah beri organik segar di atas meja taman biru.  Beberapa buah beri tersebar di luar mangkuk.  Foto studio DSRL diambil dengan Canon EOS 5D Mk II dan Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMBuah beri juga merupakan salah satu buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Berbagai jenis buah beri juga merupakan buah penurun kolesterol tinggi. Buah beri termasuk buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan serat bermanfaat dan antioksidannya.

Buah beri akan membantu melindungi tubuh dari kolesterol LDL 'jahat' dan melindungi dari efek berbahayanya.

5. Tomat

Kandungan vitamin A, B, C dan K pada tomat menjadikannya sebagai makanan ramah jantung yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan juga menurunkan kolesterol dengan baik. Tak heran jika tomat juga menjadi buah penurun kolesterol yang baik.

6. Pepaya

Pepaya mengandung serat yang membantu mengontrol tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, harga buah ini yang relatif murah juga menjadi cara yang mudah dan praktis untuk menjaga kesehatan.

7. Alpukat

alpukatMengonsumsi alpukat juga baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images

Mengutip berbagai sumber, alpukat merupakan salah satu buah penurun kolesterol tinggi. Alpukat merupakan salah satu buah yang paling direkomendasikan oleh dokter untuk mengatur kadar kolesterol.

Buah yang lembut dan lembut ini kaya akan lemak sehat. Berkhasiat untuk menjaga kesehatan, menurunkan resiko stroke dan mengontrol kadar kolesterol LDL dan HDL.

Menonton video “Inilah bahayanya jika santan dipanaskan berulang kali
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *