Jakarta

Kelebihan berat badan dan perut buncit bisa mengundang banyak penyakit kronis. Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan.

Menjaga berat badan ideal tidak hanya membuat Anda tampil menarik, tapi juga penting untuk kesehatan Anda. Memiliki berat badan ideal dan perut ramping dapat mencegah berbagai komplikasi penyakit serius.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang mencari cara diet terbaik untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan lemak perut. Berbagai metode diet diperkenalkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kabar baiknya, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memulai kebiasaan baik dengan tujuan menurunkan berat badan. Berikut 8 tips yang mudah diterapkan.

1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Ilustrasi Makan SehatKunyah makanan secara perlahan agar makan lebih lambat dan sinyal merasa kenyang diterima dengan baik. Foto: Getty Images/iStockphoto/Panupong Piewkleng

Otak kita memerlukan waktu untuk memproses informasi yang sudah cukup kita terima. Mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh bisa membuat Anda makan lebih lambat.

Sinyal kenyang diterima dengan baik sehingga Anda tidak makan berlebihan. Asupan kalori harian tetap terjaga dengan baik.

2. Makan menggunakan piring kecil

piring kecil untuk dietMakan dengan piring kecil untuk membantu menurunkan berat badan. Foto: iStock

Besar kecilnya piring ternyata bisa mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa makan dengan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda menurunkan berat badan sebanyak 0,9 kg per bulan.

Hal ini terjadi karena saat Anda makan dengan piring kecil, otak akan menerima sinyal visual bahwa perut sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Oleh karena itu, usahakan menggunakan piring kecil saat mengambil makanan.

3. Jangan makan sambil menonton TV

Ilustrasi begadang dan pola makan tidak sehatJangan makan sambil menonton karena dapat menyulitkan otak untuk menyadari berapa banyak yang telah dimasukkan. Foto: Getty Images/PonyWang

Makan sambil menonton film atau serial favorit memang menyenangkan. Namun kebiasaan ini tidak baik untuk tubuh. Makan sambil menonton televisi dapat mengganggu konsentrasi. Pasalnya otak akan kesulitan menyadari berapa banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Lebih memperhatikan makanan yang Anda makan agar berat badan Anda tetap terjaga.

4. Hindari stres

Saat stres, orang cenderung makan lebih banyak karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Biasanya makanan yang dikonsumsi saat stres adalah makanan yang tidak sehat.

Jika Anda mengalami stres, atasi dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.

Tips menurunkan berat badan lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Pangsit lezat dengan berbagai rasa dan es jeruk segar
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *