Jakarta

Durian Musang King terkenal premium dan harganya mulai Rp 450 ribu per kilogram. Ternyata, ada beberapa keistimewaan di balik mahalnya harga tersebut.

Durian merupakan buah unik dan termahal di dunia. Berbagai jenis durian memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal yang sama berlaku untuk Raja Musang yang terkenal.

Banyak pecinta durian yang tergila-gila dengan varietas Musang King karena terkenal dengan rasanya yang manis dan lengket, serta isian yang kental.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun cukup banyak pecinta durian yang berpikir dua kali saat ingin membeli durian jenis ini. Karena harganya yang cukup mahal apalagi jika membelinya di Indonesia. Harganya mencapai Rp 500.000 per kilogram.

Jika dibandingkan dengan varietas lokal, harganya tentu jauh berbeda. Varietas lokal bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 50.000 saja per kilogram.

Lantas, apa yang membuat durian Musang King mahal dan premium? Berikut 4 fakta durian Musang King yang bikin mahal.

1. Asal Usul Raja Musang

Durian Musang KingDurian Musang King berasal dari Malaysia dan merupakan salah satu jenis durian yang populer. Foto: cc / duriandliverysg.sg

Menurut Durian Delivery SG, Musang King merupakan jenis durian terkenal asal Malaysia. Awalnya dikenal sebagai 'Mao Shan Wang', yang berarti raja kucing.

Diberi nama ini karena asal muasal varietas Mao Shan Wang berasal dari pegunungan yang banyak dihuni rubah.

Durian yang juga dikenal dengan nama D197 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Varietas ini merupakan salah satu yang paling banyak diekspor ke seluruh dunia.

Pada tahun 1993, Kementerian Pertanian Malaysia mulai memperkenalkan durian ke seluruh negeri. Dilansir dari specialityproduce.com mereka menemukan 13 varietas yang cocok untuk budidaya komersial, termasuk Musang King.

Durian Musang King menjadi perbincangan di masyarakat, para petani di Malaysia pun berbondong-bondong menanam bibit durian ini. Pada tahun 2000, tanaman mulai berbuah dan dipanen, sehingga jumlah penduduknya terus bertambah.

Kementerian Pertanian Malaysia mencatat Musang King sebagai varietas durian ke-197. Sehingga diberi kode nama D-197.

Pada tahun 2010, durian Musang King dibeli oleh beberapa pengusaha Tiongkok dan dipromosikan secara besar-besaran di negeri tirai bambu tersebut. Hal ini memicu banyaknya permintaan terhadap buah berdaging kuning ini.

Musang King dengan cepat menjadi varietas dominan di Malaysia. Permintaan terus meningkat hingga saat ini.

2. Profil rasa premium

Kebun durian depokBahkan durian varietas Musang King dinilai lebih premium dibandingkan durian D-24. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Durian Musang King dikenal sebagai 'Raja Kerajaan' dan merupakan durian yang paling banyak dicari karena rasa, tekstur, dan aromanya yang luar biasa.

Kepada detikFood (11/01), Pak Gunawan yang mengelola kebun durian di Tapos, Depok mengungkapkan, salah satu alasan harga Musang King mahal adalah karena profil rasanya yang enak.

“Musang King mahal karena dagingnya kenyal, manisnya agak empuk atau bermentega, buah duriannya berwarna kekuningan.”

Dibandingkan varietas lainnya, Musang King memiliki daging yang kenyal dengan rasa manis yang ringan. Berbeda dengan varietas lainnya, aroma Musang King juga lembut dan kompleks, dengan campuran vanilla, karamel, krim segar, dan nangka.

Bahkan, durian jenis ini mampu mengalahkan durian jenis D24 yang juga populer di Malaysia dan Singapura. Pak Gunawan juga mengungkapkan kualitas Musang King jauh lebih premium dan harganya lebih mahal dibandingkan D24.

Kualitas Musang King melebihi D24, lebih premium. Harganya juga lebih mahal, satu kilogram bisa Rp 450.000 hingga Rp 500.000. Kalau D24 satu kilogram harganya Rp 150.000, jelasnya kepada detikFood.

Alasan lain mengapa durian Musang King mahal bisa dilihat di halaman berikutnya!

Menonton video “Kisah Pengusaha Durian Musang King, Sekali Panen Dapat Puluhan Juta Rupiah
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *